in: Accessories - Reviews | September 4, 2015 | by: Friska

Review Power Bank ADATA PV150

Pengujian

Pengujian kami kali ini adalah dengan menggunakan perangkat untuk mengukur besar arus yang dialirkan ketika melakukan proses charging, baik charging ke perangkat maupun power bank. Perlu diketahui bahwa input dan output yang terdapat pada power bank merupakan arus maksimal yang bisa dihasilkan, sehingga tidak berarti power bank yang ada mampu mengalirkan arus sebesar rating yang telah dicantumkan.

Ketika mengujinya dengan smartphone dengan kabel bawaan paket, power bank ADATA PV150 yang hanya memiliki output 2.1 Ampere ini mampu mengalirkan arus paling besar hingga 1.46 Ampere dengan 4.9 V.

Ketika diuji dengan menggunakan tablet, power bank ADATA PV150 ini ternyata mengalirkan arus paling besar hingga 1.45 Ampere, lebih kecil ketimbang melakukan proses pengisian ulang di smartphone, serta dengan 5.04 V.

pv 150 (2)

Kemudian ketika power bank ADATA PV150 diisi ulang dengan menggunakan kabel bawaan paket yang dihubungkan dengan AC adapter, input yang berhasil didapatkan adalah 1.79 Ampere dengan 5.29 V.

pv 150 (1)

Dalam kondisi kosong, power bank membutuhkan waktu minimal 10 jam untuk mengisi ulang kembali daya hingga penuh. Sementara untuk digunakan mengisi sebuah smartphone berkapasitas 2000mAh, power bank ADATA PV150 bisa melakukan charging penuh kira-kira hingga 2-3 kali.

Keterangan Tambahan

  • Kapasitas yang tertera bukan berarti power bank pasti akan memiliki kapasitas tersebut secara penuh karena setiap power bank memiliki tingkat efisiensi yang berbeda. Sementara saat ini tidak ada tingkat efisiensi yang bisa mencapai hingga 100 persen. Secara kasar, perhitungan untuk menentukan kapasitas yang efektif bisa digunakan dengan menggunakan rumusan {[kapasitas power bank] x 3.7V (tegangan baterai)/5V (tenaga output) x 90%}.
    Dalam hal ini, ADATA PV150 memiliki rating kapasitas 6300mAh yang bisa digunakan secara optimal untuk mengisi ulang daya baterai perangkat, sesuai dengan yang tertera pada spesifikasi teknis produk.
  • Pengujian perangkat mobile menggunakan smartphone Sony Xperia Z3 Compact berkapasitas 2300mAh dan tablet Lenovo Yoga 2 10″ berkapasitas 9000mAh.
  • Adapter AC yang digunakan untuk menghubungkan kabel USB ke arus listrik untuk mengisi ulang power bank dengan adapter merk Lenovo dengan keluaran (output) 5.2V=2A.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
: , , , , ,

COMMENTS