in: Wearables | January 29, 2016 | by: Irham

Review Wearable Devices: Runtastic Moment Elite

Runtastic Moment adalah Smartwatch/Wearable pertama yang menggabungkan desain analog manual dengan fitur fitness tracker. Secara teknis, ini adalah jam tangan biasa yang digunakan sehari-hari yang dilengkapi dengan fitur dan fungsi fitness tracker terkini. Secara khusus, Runtastic Moment memang dihadirkan bagi kalangan yang menginginkan jam tangan dengan fungsi teknologi digital modern, tanpa meninggalkan estetika dari jam manual analog. Baik secara fungsi maupun style desain yang memang hanya dimiliki oleh jam analog.

1

Runtastic Moment memiliki empat model antara lain Fun, Basic, Classic dan Elite. Fun diperuntukkan bagi jiwa yang playful dan aktif, serta tersedia dalam warna-warna cerah. Mirip dengan Fun, Basic menawarkan tampilan yang lebih besar. Elite didesain dengan tampilan yang lebih sophisticated dengan strap dari kulit berwarna hitam, sementara Classic menghadirkan tampilan yang clean dan simpel dengan strap kulit dan tersedia dalam warna silver, gold, dan rose gold yang akan memberikan kesan lebih mewah.

Desain

Untuk produk review yang kami terima adalah Runtastic Moment Elite. Secara desain, jam tangan ini terlihat casual. Strapnya berbahan material kulit pada lapisan bagian dalam, sedangkan strap utamanya menggunakan bahan kanvas. Gabungan kedua bahan ini cukup memberikan kenyamanan pada pengguna.Tampilan kanvas dari luar memperilhatkan konsep kasual, namun bahan kulit di bagian dalam tetap nyaman bahkan saat strap jam dalam keadaan basah. Strap jam tangan menggunakan ukuran standar, yaitu 2,2 cm. Pengguna bisa dengan mudah mengganti strap jam, terlebih karena pada engsel strap juga terdapat engkol kecil yang bisa ditarik untuk melepas strap.

6

2

Sebagai jam tangan analog, pada bagian crown hanya menampilkan jarum jam seperti jam pada umumnya. Jam ini memang tidak menggunakan display digital melainkan penunjuk berupa jarum biasa. Jarum jam analog berwarna hijau dengan illuminator yang memungkinkannya menyala di kegelapan. Selain penunjuk waktu pada,  bagian panel juga terdapat cronograph yang menampilkan persentase kalori  pengguna yang terbakar. Crown jam menggunakan kaca dengan material Mineral Glass, bahan yang umum digunakan pada jam tangan kelas premium.

Tak seperti smartwatch pada umumnya, Runtastic Moment Elite tetap ditenagai dengan baterai tipe CM dengan kapsitas 2300mAh. Baterai ini tentunya tidak rechargable, namun mampu bertahan hingga selama 6 bulan. Pada paket penjualannya, Runtastic juga melengkapinya dengan screwdriver(obeng) dan juga baut cadangan.

5

Moment dirancang untuk memenuhi kebutuhan setiap pribadi dengan menghadirkan empat tipe unik yang menawarkan ukuran, tipe tali, dan warna yang berbeda. Dengan bentuknya yang klasik, jam tangan analog ini dapat dipakai sehari-hari. Dan setelah disinkronisasikan dengan aplikasi Runtastic Me, jam tangan ini juga berfungsi sebagai fitness tracker yang komprehensif, bahkan dapat digunakan untuk berenang dan menyelam hingga kedalaman 100 meter.

4

3

Using Experience

Penggunaan Runtastic Moment sebagai smartwatch tentu saja membutuhkan integrasi dengan smartphone. Untuk hal ini anda bisa menggunakan aplikasi Runtastic Me yang tersedia untuk platform Android, iOS maupun Windows Phone. Kami menggunakan smartphone berbasis Android dan mengintegrasikan Runtastic Moment Elite dengan aplikasi Runtastic Me. Seperti yang kami tampilkan dibawah ini.

a

Pertama-tama pengguna akan diminta untuk membuat user profile dengan menggunakan akun email. Atau dengan cara yang lebih mudah yaitu dengan menghubungkan aplikasi ke akun Facebok anda.Setelah berhasil membuat akun, anda juga akan diminta memasukan tinggi dan berat anda. Tinggi dan berat akan menentukan jenis latihan kebugaran yang akan dilakukan oleh pengguna.

Setelah itu anda harus mensinkronkan smartphone anda dengan Smartwatch Runtastic Moment. Yaitu dengan menggunakan konektivitas Bluetooth. Untuk melakukan sinkronisasi, tekan dan tahan tombol yang ada di jam hingga jarum jam berputar dan berhenti di penunjuk jam 12. Setelah itu tekan lagi dengan cara yang sama untuk mengsinkronkan waktu secara real-time dengan yang ada pada smartphone.

c

Adapun informasi aktivitas yang dapat ditampilkan melalui aplikasi Runtastic Me antara lain Steps, Active Minutes, Calories, Distance, dan Sleep. Informasi ini akan secara otomatis ditransfer dari smartwatch ke smartphone, saat aplikasi dibuka dan Bluetooth dinyalakan. Infomasi seperti yang disebutkan diatas tersedia pada aplikasi Runtastic Me versi standard. Beberapa fitur lainnya masih tersedia secara premium membership.

d

Jam tangan ini terbilang cukup nyaman digunakan, apalagi karena teknologinya masih mirip dengan jam tangan analog manual, pengguna tidak perlu khawatir baterai habis saat dipakai seharian. Pengguna juga tak perlu khawatir soal durabiltas, runtastic menjamin jam tangan ini tahan akan air dan debu. Bisa digunakan untuk menyelam sejauh 100 meter yang bahkan tidak lagi dalam hitungan jam, walaupun  selama kami gunakan, kami hanya mencoba ketahanan air perangkat dengan merendamnya di wadah berisi air serta kucuran air keran.  Runtastic menjamin garansi 2 tahun untuk pembelian unit Runtastic Moment.

b

Sayangnya beberapa menu lain juga masih tersedia dengan sistem premium membership. Jika ingin mengupgrade ke versi premium, pengguna harus menjadi membership Runtastic dengan harga Rp. 599 ribu pertahun/119 ribu perbulan. Adapun fitur premium tersebut lebih kepada menu latihan dan tips yang bisa dijadikan panduan kebugaran oleh pengguna. Padahal fitur semacam ini di kebanyakan smartwatch mungkin sudah tersedia secara gratis dalam aplikasi. Jam tangan wearable ini dipasarkan dengan harga yang cukup fantastis, yaitu Rp 2.899.000

Kesimpulan

Melihat dari apa yang dihadirkan oleh wearable yang satu ini, cukup jelas jika Runtastic Moment menyasar segmen yang berbeda dari kebanyakan smartwatch. Jam tangan ini hadir dengan tetap mengusung konsep jam analog, namun dengan tambahan fitur digital berupa fitness tracker. Kemampuan durabilitas perangkat juga terjamin dengan standarisasi aksesori jam tangan mewah. Selain itu desain yang dihadirkan juga sangat elegan, menjadikan perangkat ini lebih menuju kepada pemenuh kebutuhan lifestyle.

product-3

Namun di sisi lain fitur digital sebagai perangkat wearable sangatlah terbatas. Bahkan batasan fitur ‘premium’ juga akan membuat peminat untuk berfikir ulang sebelum membeli. Jadi jika anda menginginkan fitur digtal layaknya wearable seperti Samsung Gear S atau LG G Watch, anda mungkin bukan pasar yang cocok untuk produk yang satu ini. Apalagi harga yang ditawarkan Runtastic Moment juga tidaklah murah. Sebaliknya jika anda mencari produk wearable yang masih mengedepankan lifestyle dan keutamaan fitur kebugaraan yang presisi, Runtastic Moment Elite mungkin adalah produkyang tepat bagi anda.

: ,

COMMENTS