Review Transcend DrivePro 200

Author
Bimanto
Reading time:
April 8, 2016
Transcend DrivePro 200_2

Keamanan berkendara Anda di jalan dapat ditingkatkan dengan menggunakan sebuah kamera yang akan merekam keadaan Anda selama berkendara, dengan sebuah video recorder. Memang, saat ini, penggunaan perangkat seperti ini di Indonesia masih belum umum, tetapi di luar Indonesia, sudah banyak yang menerapkan keamanan ini. Rekaman yang dihasilkan dapat menjadi sebuah bukti bagi Anda atau orang lain yang mengalami musibah, kecelakaan atau lainnya, yang terjadi persis di depan Anda, dan menjadi masukan yang sangat berarti untuk pengambilan keputusan bagi pihak yang berwajib.

Saat ini, Anda akan dapat dengan mudah menemukan berbagai perangkat jenis ini di pasaran. Salah satu yang dapat Anda temukan adalah video recorder yang ditawarkan oleh Transcend, DrivePro 2.

DrivePro 2 merupakan video recorder yang dapat Anda letakkan di kaca depan mobil Anda. Perangkat ini mempunyai wide viewing angle hingga 160°. Selain itu, perangkat ini juga dapat merekam hingga resolusi Full HD 1080P 30 FPS, sehingga rekaman yang dihasilkan akan sangat jelas. Rekaman video ini akan tersimpan di dalam sebuah MicroSD dan perangkat DrivePro 2 ini juga dapat merekan suara di sekitarnya bila Anda memerlukannya karena juga dilengkapi dengan sebuah microphone dan speaker.

Perangkat ini sangat mudah Anda pasang karena disertai dengan mounting suction cup. Penggunaan suction cup ini juga memudahkan Anda melepasnya dan memindahkan ke kendaraan lain tanpa perlu keahlian khusus. Anda hanya perlu melepasnya dari kendaraan Anda, dan menempelkannya kembali ke kendaraan lain serta memasang kabel power ke lubang pematik api yang dapat Anda temukan pada setiap kendaraan.

Dimensi dari DrivePro 2 juga tidak terlalu besar dan dilengkap idengan LCD berukuran 2.4″, sehingga Anda juga dapat memutar video record yang telah tersimpan di dalamnya. Dimensi tersebut tidak akan membuat pandangan depan Anda terganggu dan Transencend melengkapi dengan kabel power yang cukup panjang sehingga Anda dapat memasang kabel ini terlihat rapi di mobil Anda.

Paket Penjualan Transcend DrivePro 200

Transcend DrivePro 200_9

Dalam paket penjualan Transcend DrivePro 2 ini, Anda akan mendapatkan DrivePro Car Video Recorder, Car Mounting Bracket, Car Adapter, microSD 16GB, Video Cable, dan Quick Start Guide. Pemberian MicroSD di dalam paket penjualannya merupakan kelebihan dari produk ini, sehingga Anda tidak perlu lagi membeli secara terpisah. Begitu dikeluarkan dari boks, Anda dapat langsung menggunakan DrivePro 200 ini.

Mounting Kit untuk Mobil

Transcend DrivePro 200_8

Untuk memasang DrivePro 2 ini, Transcend memberikan Car Mounting Bracket yang menggunakan suction cup yang sangat mudah untuk dipasang dan dilepas. Mounting berbahan plastik ini cukup kuat menahan DrivePro 2, sehingga Anda tidak perlu takut perangkat ini terjatuh ketika Anda menggunakannya dalam perjalanan, misalnya ketika berhadapan dengan jalan berlubang.

Spesifikasi Transcend DrivePro 200

Transcend DrivePro 200_1
Tampak depan dan belakang

Transcend DrivePro 200 ini mempunyai dimensi 67 × 72 mm dengan ketebalan hanya 34.3 mm dan dilengkapi dengan sebuah layar LCD berukuran 2.4″ pada bagian belakangnya dengan beberapa tombol pengaturan di bagian bawahnya. Pada bagian depan, Anda dapat melihat lensa dari perangkat ini yang mempunyai pndangan luas hingga 160°. Selain itu, di bagian depan, Anda juga akan menemukan speaker pada bagian bawah dan sebuah microphone untuk merekan suara di sekitar Anda.

Untuk bagian belakang, Anda akan menemukan LCD dengan sebuah lampu indikator, power button pada bagian kiri, dan beberapa menu button yang nantinya akan digunakan untuk navigasi sesuai dengan petunjuk pada bagian bawah layar.

2

Di bagian samping, Transcend DrivePro 200 dilengkapi dengan Slot MicroSD Card dan sebuah Emergency Button yang berguna untuk menyimpan hasil rekaman Anda pada suatu waktu. Ini dibutuhkan karena proses kerja dasar dari video recorder ini akan membuat video-video lama terhapus dengan sendirinya ketika kapasitas penyimpanan penuh. Tombol ini membuat video terkunci sehingga tidak akan terhapus.

Di bagian sisi lainnya, Anda akan menemukan USB yang juga berguna sebagai port pemasok daya bagi perangkat ini. Terdapat juga port video out yang dapat Anda sambungkan ke perangkat TV yang mempunyai konektor Component In.

Dengan sebuah MicroSD berukuran 16GB yang diberikan pada paket penjualannya, Transcend DrivePro 200 dapat merekan video dengan resolusi Full HD 1080P selama 2 jam 20 menit. Sementara bila Anda merekan dalam resolusi HD 720P, maka Anda dapat merekam video hingga 4 jam 20 menit. Bila Anda menginginkan dapat merekam lebih lama, Anda dapat menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar.

Perangkat ini akan merekan secara terus menerus dalam interval tertentu. Ketika memori telah terisi penuh, video terlama akan hilang dan digantikan dengan video terbaru, kecuali Anda menekan emergency record. Video yang ditandai sebagai “emergency” ini hanya bisa dihapus dengan cara manual.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…