in: News | May 7, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Google Masih Ingin Garap Smartphone Murah Android One

Smartphone murah dengan dukungan penuh dari Google, Android One, telah diperkenalkan sejak tahun 2014 lalu dan menjangkau beberapa negara, termasuk Indonesia. Hanya saja, belakangan ini, Google terlihat tidak lagi mendorong smartphone murah tersebut. Walaupun begitu, ini bukan berarti Google tidak lagi menaruh perhatian pada Android One. Mereka justru menyebutkan bahwa mereka akan terus menggarap lini produk ini.

android-one

Berdasarkan pernyataan dari Mike Hayes, dari Android & Chrome Partnership di Google, perangkat Android One masih diminati oleh berbagai produsen di berbagai negara di dunia. Google juga menganggap lini ini sebagai lini produk yang menjanjikan, dan tetap menjadi bagian dari produk divisi hardware mereka. Oleh karena itu, dalam waktu dekat, beberapa produk Android One baru akan muncul.

Berbeda dengan versi perdana Android One, Hayes menyebutkan bahwa kini produsen bebas menentukan spesifikasi dari Android One yang mereka gunakan. Google tidak akan memberikan batasan spesifikasi, termasuk untuk ukuran layar, RAM, storage, dan SoC yang digunakan. Hal ini akan membuat produsen membutuhkan waktu lebih untuk membawa produk Android One ke pasar, tetapi disertai dengan spesifikasi yang lebih sesuai dengan pasar yang dijangkau.

Hayes memang belum menyebutkan produsen mana saja yang akan menghadirkan produk Android One baru, dan prediksi kapan produk tersebut hadir. Namun, bisa jadi salah satu negara yang akan mendapatkan Android One baru tersebut adalah India. Negara di Asia Selatan itu memang memiliki beberapa produsen lokal yang terlihat menaruh minat tinggi pada Android One, dan Google pun disebut masih aktif berkomunikasi dengan mereka terkait Android One ini.

: ,

COMMENTS