in: News | May 13, 2016 | by: Richard Sutanto

Google Tunda “3D Touch” di Android N

Salah satu fitur baru yang disebut akan hadir di Android N, versi Android berikutnya, adalah 3D Touch. Google memang beberapa kali menyebutkan fitur ini merupakan salah satu yang tengah digarap untuk Android. Namun, proses pengembangan tampaknya tidak terlalu lancar, sehingga fitur tersebut kemungkinan tidak akan hadir di Android N, setidaknya di versi awalnya.

android-n-lead

Kabar ini datang dari sumber yang dekat dengan pihak pengembang. Berdasarkan apa yang disampaikannya, 3D Touch tidak akan disertakan di versi peluncuran awal Android N. Namun, Google akan menghadirkannya dalam bentuk update untuk Android N di kemudian hari. Hanya saja, tidak disebut secara pasti kapan fitur tersebut akan dihadirkan.

Sejauh ini, kabar ini belum mendapatkan konfirmasi dari Google maupun tim pengembang Android. Pihak Google disebut tidak memberi kabar apapun, dan terkesan tidak mau memberikan komentar terhadap hal ini.

Sebenarnya, fitur touch sensitivity, dasar dari 3D Touch, sebenarnya sudah ada semenjak Android Eclair. Namun, pengembangan terhadap hardware ternyata belum mengarah ke sana, hingga akhirnya Apple mendahului Google merilis perangkat dengan touch sensitivity, yaitu iPhone 6S dan iPhone 6S Plus. Sayangnya, bila kabar angin ini benar, upaya Google untuk menyusul Apple tampaknya harus tertunda sementara.

Sumber: Recode

: ,

COMMENTS