in: News | May 29, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Project Ara Google Dikomplain Oleh Pemiliki Ide Phonebloks

Belakangan ini Google baru saja mengumumkan hasil perkembangan mereka mengenai Project Ara dengan mengatakan bahwa hasil pengembangannya akan siap dikirim ke developer pada akhir tahun ini. Namun sayangnya penginspirasi ide untuk Project Ara, Dave Hakkens, baru-baru ini mengutarakan kekecewaannya terhadap pengembangan Project Ara yang dilakukan oleh Google lewat blog pribadi milik Dave.

Project_Ara_scattered_parts

Bagi Anda yang belum tahu Dave Hakkens, Dave merupakan desainer muda dari Belanda yang membuat video konsep modular phone dengan julukan Phonebloks yang akhirnya Phonebloks ini diimplementasikan oleh Google dengan nama Project Ara. Konsep modular phone yang dibuat oleh Dave bertujuan untuk mengurangi tingkat sampah elektronik yang disebabkan perkembangan teknologi dari smartphone dengan membuat smartphone yang komponen atau modulnya dapat diupgrade dengan mudah.

Setelah melihat hasil pengembangan Project Ara oleh Google, Dave mengatakan bahwa Google dapat membuat Project Ara lebih bagus dari yang sekarang karena konsep modular phone yang dibuat oleh Dave tidak sesuai dengan hasil pengembangan Project Ara yang dilakukan oleh Google. Yang paling disayangkan oleh Dave dari Project Ara adalah frame yang dipakai untuk Project Ara secara tidak langsung merupakan sebuah smartphone karena sudah ada layar, baterai, CPU, GPU beserta antenna dan Google menganggap modul yang dapat diupgrade hanya sebagai perangkat add-on saja.

Dave juga mengatakan jika konsep modular phone framenya saja sebuah smartphone merupakan hal yang sia-sia karena misalnya nantinya layar dari smartphone Project Ara rusak tetap saja pengguna harus mengganti frame secara keseluruhan. Sepertinya  saat ini harapan Dave tentang konsep modular phone yang dia buat terbuang percuma, karena Google sebagai pembuat Project Ara tidak bisa mengembangkan modular phone yang semestinya.

: , ,

COMMENTS