in: News | May 3, 2016 | by: Cerira

Samsung Kembangkan Aplikasi untuk Bantu Bayi Prematur

voices-of-life-1-840x426

Samsung nampaknya tengah mempersiapkan sebuah aplikasi baru yang ditujukan untuk membantu kesehatan bayi yang lahir prematur. Aplikasi bernama Voice of Life ini diciptakan agar bayi yang lahir prematur dan biasanya harus dimasukkan ke dalam tabung inkubator bisa nyaman dan terus berkembang kesehatannya termasuk perkembangan otaknya, dengan memberikan nuansa suara yang mirip saat dirinya masih berada di dalam rahim.

Seperti diketahui, bayi dalam rahim sudah terbiasa mendengar suara detak jantung dan juga mengenali suara ibunya. Dan aplikasi Voice of Life ini memungkinkan sang ibu untuk merekam detak jantung dan suaranya di smartphone untuk bisa diperdengarkan kepada bayinya yang lahir prematur dan berada dalam perawatan di tabung inkubator sehingga memberikan suasana seperti saat masih berada dalam rahim sebelum dia dilahirkan. Sang bayi diharapkan bisa nyaman dengan suara yang dikenalnya selama masih dalam kandungan, jauh dari suara-suara peralatan medis yang berada dalam ruang perawatan.

voices-of-life-2-840x492

Aplikasi ini sendiri akan memperdengarkan suara rekaman baik detak jantung sang ibu, suara nyanyian, cerita-cerita dan suara-suara lain dari ibunya yang sudah dihilangkan frekuensi tingginya, yang kemudian diputar melalui speaker mungil yang diletakkan di samping bayi. Tak hanya akan memberikan suara yang nyaman di dalam unit perawatan neonatal, namun aplikasi ini juga bisa membantu orang tua untuk berhubungan dengan anaknya yang mungkin jarang ditemui di minggu-minggu kritis pertamanya atau sebulan setelah dia dilahirkan. Nampaknya tak hanya sang ibu yang bisa direkam suaranya untuk diperdengarkan kepada sang bayi, namun suara sang ayah pun pasti dimungkinkan untuk ikut diperkenalkan kepada anaknya.

Samsung sendiri belum menjelaskan banyak tentang aplikasi Voice of Life ini atau kapan aplikasi ini selesai dan bisa dimanfaatkan secara nyata, atau di rumah sakit mana kemungkinan aplikasi ini akan digunakan. Samsung menjelaskan sedikit tentang aplikasi ini dalam sebuah video yang ditayangkan di youtube Samsung Newsroom. Berikut video aplikasi Voice of Life dari Samsung.

 

: ,

COMMENTS