in: News | May 20, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Seamless Update Android N Tidak Berguna di Smartphone Saat ini?

Salah satu fitur yang disebut akan ada di Android N adalah seamless update, yang memungkinkan sistem operasi di smartphone atau tablet diupdate tanpa adanya “proses” update yang menganggu pengguna. Namun, berdasarkan laporan terbaru, tampaknya tidak semua perangkat Android bisa merasakan fitur tersebut. Bisa jadi, hanya perangkat keluaran baru saja yang bisa merasakan seamless update.

Google_Nexus_Phone_Updating_Android_Gears_

Fitur seamless update ini disebut membutuhkan suatu partisi tambahan untuk mendukung proses update yang berjalan di background, tanpa menganggu fungsionalitas perangkat. Hal ini membuat kebanyakan smartphone Android yang ada saat ini, yang tidak dilengkapi dengan partisi tambahan tersebut, tidak bisa merasakan fitur tersebut. Kemungkinan besar, perangkat Android yang akan datang, yang telah dilengkapi dengan partisi tambahan, baru bisa merasakan efek dari fitur ini.

Seamless update sendiri disebut menggunakan mekanisme yang serupa dengan yang digunakan Chrome OS di Chromebook. Terdapat dua instalasi sistem operasi di dalam perangkat, yang masing-masing ditempatkan di partisi berbeda. Nantinya, update akan dilakukan di background untuk sistem operasi yang tidak aktif, sehingga tidak menganggu sistem operasi aktif. Setelah update selesai, baru perangkat akan melakukan restart dan sistem operasi yang telah diupdate bisa diakses.

Sejauh ini, belum ada konfirmasi dari Google terkait kebenaran kabar ini. Namun, melihat mekanisme update yang mungkin dijalanan oleh Google, bisa jadi analisis terkait fitur tersebut di smartphone yang ada saat ini ada benarnya.

: ,

COMMENTS