in: News | June 17, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Bluetooth 5 Akan Tawarkan Peningkatan 800%

Standar terbaru untuk Bluetooth baru saja diumumkan oleh badan yang mengurus perkembangannya, yaitu Bluetooth Special Interest Group. Versi berikutnya dari standar Bluetooth akan disebut sebagai Bluetooth 5. Salah satu peningkatan besar yang diusungnya adalah kemampuan data broadcast yang meningkat hingga 800% dari standar yang telah digunakan saat ini.

Bluetooth

Selain peningkatan data broadcast 800% tersebut, Bluetooth 5 juga menawarkan peningkatan lain dibandingkan dengan Bluetooth 4.2 yang sudah mulai banyak digunakan. Peningkatan tersebut hadir dalam wujud jangkauan yang diperluas hingga 4x lipat, serta kecepatan hingga 2x lipat. Kemampuan lebih ini diharapkan bisa mendorong pemanfaatan Bluetooth untuk perangkat-perangkat terhubung generasi mendatang.

Salah satu hal yang dikejar oleh Bluetooth SIG dari Bluetooth 5 ini adalah kemampuan untuk memungkinkan perangkat-perangkat IoT saling terhubung satu sama lain dengan lebih baik. Kemampuan tersebut dimungkinkan karena peningkatan kapasitas data broadcast hingga 800% membuat perangkat bisa mengirim data lebih banyak ke perangkat lain, dengan kecepatan yang juga meningkat hingga 2x lipat. Nantinya, kemampuan ini akan menawarkan pengalaman penggunaan IoT yang lebih baik.

Bluetooth 5 ini disebut akan mulai hadir di perangkat yang dirilis pada akhir tahun 2016 ini, atau di awal tahun 2017 mendatang. Bluetooth SIG juga mengharapkan pemanfaatan Bluetooth juga akan makin meluas, seperti layanan location-based termasuk home automation, dan lain sebagainya. Standar baru ini juga disebut akan tetap mengusung konsumsi daya rendah seperti yang ditawarkan versi sebelumnya.

:

COMMENTS