in: Reviews | June 21, 2016 | by: Irham

Review Coolpad Max A8

Dikenal sebagai salah satu OEM pembuat smartphone asal Tiongkok, Coolpad telah memulai debutnya sndiri sebagai brand smartphone sejak tahun 2015 silam. Sebelumya Coolpad juga pernah menjadi pemasok untuk handset Andromax dari Smartfren di tanah air, kini Coolpad mencoba peruntungannya sendiri dengan menghadirkan smartphone seri terbaru.

Kali ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai produk terbaru dari Coolpad yaitu Coolpad Max atau juga dikenal sebagai Coolpad A8. Perangkat ini diperkenalkan sekitar bulan Mei lalu, dengan range harga yang cukup tinggi yaitu Rp 5 jutaan. Perangkat ini diusung smartphone 5,5 inci dengan tampilan metal yang cukup menawan dilengkapi dengan sensor fingerprint sebagai salah satu fitur unggulannya. Ada pula fitur software “Private Space” yang berfungsi membagi media penyimpanan dalam dua mode, yaitu mode normal dan mode private.

Coolpad Max juga punya kamera dengan kualitas yang diklaim cukup memuaskan. Dengan sensor kamera 13 MP dibagian belakang serta 5 MP dibagian depan. Seperti apa kemampuan sesungguhnya dari Coolpad Max, mari kita simak reviewnya berikut ini.

Desain

Coolpad tampil dengan menawan dengan finishing metal unibody. Hmm…, tapi tak dipungkiri kalau kesan pertama saat memandang smartphone yang satu ini pasti kita akan berfirkir jika desainnya tampak begitu meniru iPhone 6. Tapi rasanya itu tak begitu masalah, karena ini bukan satu-satunya brand yang terinsipirasi dengan desain dari smartphone berlogo buah tersebut. iPhone seolah memang menjadi kiblat dari berbagai smartphone saat ini. Mulai dari kelas entry level hingga flagship.

Coolpad-Max-A8-5

Untuk ukuran layar 5,5 inci, ergonomisnya juga terasa cukup nyaman. Karena dimensinya juga cukup ramping yaitu sekitar 152 x 75.5 mm  dengan ketebalan 7,6 mm. Namun terasa kokoh ditangan karena bobotnya juga cukup besar yaitu 170g. Secara estetika, kesan premium perangkat ini cukup dominan dan begitu presisi di tiap tepi. Semua sudut terasa sangat halus dan begitu mulus. Tiap sudut membentuk curve yang sempurna. Baik pada bagian body dan layar, tidak meninggalkan bekas sidik jari saat digenggam karena dilapisi dengan anti-coating fingerprint.

Coolpad-Max-A8-3

Di bagian depan layar dilapisi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass dengan permukaan melengkung 2,5D. Berada di samping sensor kamera depan terdapat sensor Ambience dan juga lampu indikator notifikasi. Tombol navigasi (menu, back, recent app) terletak di layar.

Adapun pada bagian belakang terdapat sensor kamera yang terletak di tengah atas dengan lampu LED dual flash, modul finger print di bagian tengah serta logo Coolpad di bagian bawah. Modul sensor kamera terlihat sedikit menonjol, sebaliknya sensor fingerprint sedikit cekung ke dalam. Terdapat strip antena berwarna hitam yang berada di bagian atas dan bawah. Strip ini membentang hingga ke bagian sisi kanan dan kiri perangkat.

Coolpad-Max-A8-4

Di sisi bagian bawah terdapat slot MicroUSB serta grill speaker dengan 6 titik lubang di kanan dan kiri. Namun sebenarnya komponen speaker ini mono, hanya terletak di bagian kiri saja. Tapi meski demikian suara yang dihasilkan cukup nyaring dan bulat.

Coolpad-Max-A8-9

Coolpad-Max-A8-8

Tombol power terletak di bagian kanan sementara tombol volume berada di bagian kiri. Slot SIM Card dengan type Nano berada di atas tombol power. Perangkat in imendukung dual Slot SIM Card dengan sistem hybrid bersama dengan slot MicroSD. Dibagian atas terdapat lubang jack 3,5 mm untuk earphone.

Coolpad-Max-A8-2

Coolpad-Max-A8-1

Spesifikasi

Spesifikasi yang dihadirkan oleh Coolpad Max sebenarnya tidak begitu menggiurkan. Selain layar 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1080x1920p, perangkat ini dibekali dengan SoC Snapdragon 617 (1.5GHz Octa-Core Cortex A53 + GPU Adreno 405) sebagai dapur pacunya.  Ini merupakan chipset generasi terbaru penerus Snapdragon 615 di tahun 2015 silam. Tapi  tahun ini Qualcomm telah merilis SoC baru di seri Snapdragon 600 yaitu Snapdragon 650 dan 652 yang punya performa lebih berkelas. Dimana juga telah banyak digunakan di smartphone kelas menengah keatas. Tampaknya Snapdragon 617 menjadi agak kurang menjanjikan meskipun sebenarnya performanya tetap terbilang baik. Untuk lebih lengkapnya akan diulas di uji performance.

CPU-Z-Coolpad-Max
CPU-Z Coolpad Max, SoC yang terbaca adalah Snapdragon 615 meskipun sebenarnya menggunakan SoC Snapdragon 617 seperti yang ditampilkan di website.

Selain itu Coolpad Max yang kami uji dilengkapi dengan RAM berkapasitas 4 GB serta internal memori 64 GB. Coolpad Max sendiri memiliki pilihan RAM 3 GB dan internal memori hingga 128 GB. Untuk kapasitas baterai, perangkat ini memiliki baterai berkapasitas 2800mAh. Tidak begitu besar, mengingat rata-rata smartphone berlayar 5,5 inci saat ini memiliki baterai diatas 3000mAh. Tapi kelebihan lain adalah smartphone in ijuga dibekali fitur fast charging yang memungkinkan pengisian baterai dari kosong hingga penuh dengan rata-rata 1 jam. Untuk lebih lengkapnya akan kami ulas di pengujian baterai.

Kamera belakang menggunakan sensor ISO CELL dengan resolusi 13 MP lengkap dengan Dual-Tone LED Flash serta bukaan aperture F/2.0. Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan Auto Focus Phase Detection serta Image Stabilization untuk pengambilan gambar dan juga video yang lebih baik. Sementara untuk kamera depan menggunakan sensor beresolusi 5 MP.

Coolpad-Max-A8-7

Sensor yang dimilikinya juga tentunya sangat lengkap mulai dari  Proximity Sensor, Light Sensor, Magnetic Sensor, Accelerometer, hingga Gyro Sensor. Sehingga ponsel ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan VR atau pun menyaksikan video 360 derajat.

Perangkat ini berjalan menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan UI CoolUI 8.0. UI ini cukup ringan dan smooth, dengan beberapa fitur tambahan seperti Private Space. Fitur ini memungkinkan pengguna menyimpan aktivitas penyimpanan pada smartphone. Bukan hanya file tetapi juga aplikasi yang diinstall. Ini mirip dengan sistem User Administrator pada platfrom komputer PC. Cara mengaktifkannya cukup mudah, yaitu dengan membuka aplikasi dengan icon kunci, lalu tambahkan kunci layar untuk private space mode seperti yang biasa kita gunakan pada mode normal. Bisa menggunakan pattern, sandi angka ataupun sidik jari.

Dengan demikian Anda bisa membagi aktivitas penyimpanan, semisal normal mode untuk penggunaan smartphone di aktivitas sehari-hari, sedangkan private space mode untuk penggunaan smartphone pada kebutuhan kerja. Atau mungkin anda bisa memanfaatkan private mode ini untuk menyimpan file-file dan aplikasi ‘ajaib’ anda. Hihi…

Untuk konektivitas, perangkat ini secara resmi diperkenalkan di Indonesia hanya menggunakan jaringan 3G . Tapi beberapa trik yang tersebar dari para blogger, anda bisa mengaktifkan 4G LTE di Coolpad Max dengan cukup mudah.

Coolpad-Max-A8

Paket penjualan dari Coolpad Max terbilang cukup lengkap. Di dalam box terdapat unit smartphone, charger, kabel USB, hingga casing tambahan. Namun uniknya justru tidak ada buku panduan dan kartu garansi dalam box tersebut. Kemungkinan kartu garansi baru diberikan saat anda melakukan pembelian produk.

Coolpad-Max-A8-10

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , , ,

COMMENTS