in: Featured - Reviews | June 26, 2016 | by: Dedy Irvan

Review Huawei GR5: Mengandalkan Finger Print

Uji Performa

Seperti biasa, kami melakukan pengujian performa yang “klasik” untuk Huawei GR5. Pembanding kali ini datang dari beberapa smartphone lain yang sama-sama menggunakan SoC Snapdragon 615/616. Akan tetapi, memang ukuran RAM-nya berbeda-beda. VibeShot dan Zenfone Selfie menggunakan 3GB RAM, sementara GR5 memang “hanya 2GB”

ANTUTU

Ini adalah pengujian paling klasik yang sering digunakan. Perhatikan bahwa kami menggunakan ANTUTU 6.01 untuk pengujian ini. Sebab, database kami sejak 2016 sudah menggunakan tipe ini. Jika Anda menguji dengan ANTUTU 6.1.x, maka hasil pengujian sudah tidak bisa dibandingkan dengan hasil pengujian kami ini.
Huawei-GR5-screenshots (5)

Huawei-GR5-antutu

Skor yang ditampilkan cukup meyakinkan. Mampu bersaing dengan smartphone lain yang menggunakan SoC sejenis.

GEEKBENCH 3

Ini adalah pengujian unik. Hanya menguji sisi prosesor saja. Akan tetapi, pengujian ini cukup konsisten jadi bisa digunakan acuan yang cukup baik. Skor single core akan menggambarkan kenyamanan penggunaan sehari-hari. Smartphone kelas premium akan memiliki skor 1000 atau lebih. Sementara untuk kelas menengah skornya berkisar 650-900.

Huawei-GR5-screenshots (2)

Huawei-GR5-GB-single Huawei-GR5-GB-multi

Hasil pengujian menujukkan bahwa Huawei GR5 ini memiliki performa “mentah” yang sangat baik. Penggunaan sehari-hari harusnya nyaman, bahkan untuk kebutuhan multitasking pun.

PCMARK

Ini adalah pengujian yang lebih kompleks. Hasil pengujian ini menampilkan kemampuan menyeluruh dari sebuah smartphone untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk performa olah video dan gambar.

Huawei-GR5-screenshots (4)

Huawei-GR5-PCMark

Hasil pengujian PCMARK menampilkan bahwa RAM 2 GB pada GR5 ternyata tidak membuatnya menjadi yang terburuk. Performanya hanya terpaut sedikit di bawah smartphone dengan SoC serupa.

3DMARK

Ini adalah indikator performa gaming maksimum. 3DMark akan menguras kemampuan 3D dan prosesor smartphone yang terkait dengan kemampuan gaming.

Huawei-GR5-screenshots (1)

Huawei-GR5-3DMark

Memang, GR5 ada di sisi bawah chart untuk 3DMark. Akan tetapi, perbedaannya dengan smartphone lain yang memakai SoC serupa, tidaklah jauh. Setidaknya 3 dari smartphone dalam grafik perbandingan di atas secara praktis memiliki performa yang sama.

Untuk urusan performa GR5 yang dimotori dengan Snapdragon 616 dan RAM 2GB tampil tidak buruk. Hasil pengujian menunjukkan bahwa performanya ada di rata-rata teratas untuk sebuah smartphone dengan SoC tersebut. Hal ini cukup unik, mengingat GR5 hanya memiliki RAM 2GB (bukan 3GB seperti pesaing lainnya).

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS