in: News | June 18, 2016 | by: Irham

Smartfren Gelar Uji Coba 3 Carrier Agregation dan VoWiFi

Smartfren TBk bersama dengan Nokia dan Qualcomm, menggelar uji coba 3 Carrier Aggregation pertama di Indonesia. Setelah sebelumnya merilis CA dengan dua channel frekuensi dan telah dirilis secara komersil, kini Smartfren tengah menguji coba 3 CA dengan mengagregasikan spektrum 10Mhz di FDD 850MHz dan spektrum 10 MHz + 20 MHz di TDD 2.3 GHz. Dimana hasil dari 3CA ini dapat menghasilkan kecepatan up-to 240Mbps.

Smartfren-3-CA

“Smartfren telah secara komersil merilis CA awal dengan kecepatan up to 160Mbps, dan saat ini kami menguji 3CA. Ini membuktikan bahwa Smartfren terus berupaya menghadirkan layanan yang terdepan dengan kesiapan ekosistem jaringan yang maju,” ujar Christian Daigneault selaku CTO Smartfren.

Uji coba dilakukan dengan menggunakan sistem Mobile Development Platform (MDP/S) dan  prototype handset bertenaga chipset dari Qualcomm. Seperti yang dijelaskan Shannedy Ong selaku Country Director Qualcomm Indonesia, prototype tersebut menggunakan chipset yang setara dengan Snapdragon 820. “3CA ini akan dapat di dukung oleh handset yang telah menggunakan chipset paling Snapdragon 820. Namun saat ini di Indonesia sendiri, smartphone yang didukung dengan chipset Snapdragon 820 belum ada yang beredar di pasaran secara resmi,” ujar Shannedy Ong 3CA ini memang akan menjadi fitur yang diadopsi perangkat-perangkat smartphone flagship sekelas Galaxy S7 atau LG G5.

3CA

Pengujian 3 Carrier Aggregation ini akan dilakukan lebih lanjut sebelum nantinya dilepas secara komersil oleh Smartfren. Smartfren juga mengumumkan bahwa saat ini cakupan jaringannya telah meningkat dari sebelumnya tersedia di 144 kota, kini telah merambah naik menjadi 188 kota. Nokia juga menjadi salah satu pendukung infrastuktur Smartfren untuk menhadirkan jangkauan jaringan yang luas tersebut.

“Nokia selalu berusaha memberikan inovasi dan memastikan tersedianya jaringan berkualitas tinggi. Kami berkomitmen untuk mendukung pelanggan kami dengan berbagai produk dan layanan yang memenuhi tantangan dari meningkatnya permintaan dari kapasitas data yang lebih tinggi dan transfer data yang lebih cepat,” ujar Ripudaman Lamba, Head of Customer Team, Nokia Networks.

VoWiFi-Smartfren

Selain melakukan uji coba 3CA, Smartfren juga melakukan uji coba fitur terbaru yaitu VoWiFi (Voice Over Wi-fi). Sama seperti  fitur VoLTE (Voice Over LTE), VoWiFi memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon/video menggunakan jaringan Wi-Fi. Platform yang diigunakan pun sama, yaitu menggunakan aplikasi SmartVoLTE atau bisa langsung ke menu telepon pada smartphoneyang telah terpasang fitur VoLTE secara Native. Namun berbeda dengan VoLTE, panggilan suara/video menggunkan WiFi ini tentunya tidak bergantung pada jaringan LTE dari Smartfren melainkan koneksi WiFi yang digunakan. Hanya saja, untuk dapat menggunakan fitur ini semua handset harus menggunakan nomer 4G LTE dari smartfren yang sudah mendukung VoLTE.

: , , ,

COMMENTS