in: Tips & Guides | July 12, 2016 | by: Irham

5 Hal Wajib Pada Smartphone untuk Main Pokemon Go

Sudah mencoba game mobile Pokemon Go? Hmm, pasti anda ketagihan. Walaupun game ini belum secara resmi tersedia di Playstore dan AppStore untuk wilayah Indonesia, tapi tak dipungkiri demam Pokemon Go di tanah air terus berlanjut dan tak terbendung. Meski beberapa orang masih bersabar menunggu menantikan kehadiran game tersebut secara resmi.

Pokemon Go

Game yang telah menjadi tren secara global ini telah berhasil mengundang minat orang-orang, bukanhanya para penggemar Pokemon itu sendiri tapi juga kalangan yang bukan penggemarnya. Atau bahkan kalangan yang tidak hobby bermain game (saya salah satunya hehe..). Apalagi game ini dimainkan di smartphone yang notabene hampir semua orang saat ini sudah memilikinya. Bagi anda yang belum bermain game Pokemon Go dan mungkin penasaran , apa saja yang dibutuhkan untuk bermain game yang berbasis Augmented Reality dan Realtime Location ini? berikut kami rangkum 5 Hal Wajib Pada Smartphone Untuk Main Pokemon Go.

1. Internet Kencang dan Stabil

4G LTE

Bermain Pokemon Go tentu saja membutuhkan konneksi internet. Karena permainan ini berbasis realtime location dari penggunanya untuk mencari keberadaan Pokemon . Untuk itu dibutuhkan internet yang kencang dan stabil. Pastikan anda memiliki paket data yang cukup saat bermain. Dan yang paling utama adalah jaringan selular yang anda gunakan stabil, menjangkau di setiap tempat yang sedang anda tuju. Bahkan jika perlu, saatnya beralih ke teknologi jaringan 4G untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih memuaskan. Namun apabila anda masih menggunakan smartphone dengan teknologi jaringan 3G, anda pun bisa juga menggunakan modem mi-fi untuk memastikan kebutuhan internet yang kencang dan stabil tetap terpenuhi.

2. GPS Akurat

GPS

Pokemon Go secara langsung melacak lokasi pemain serta pemetaan dengan menggunakan teknologi GPS pada smartphone. Pastikan anda memiliki smartphone dengan kemampuan akurasi GPS yang tinggi, agar dapat mengunci lokasi anda saat sedang bermain. Sehingga anda tidak kebingungan dan hilang arah, karena posisi GPS pada aplikasi game sering berpindah-pindah tak menentu atau bahkan tetap di tempat.

3. Kamera Support AR

AR-Camera

Saat menangkap karakter Pokemon, Pemain akan mulai mengaktifkan kamera dan memulai simulasi Augmented Reality pada aplikasi permainan. Ini yang membuat permainan Pokemon Go sangat menarik karena para pemain merasakan seperti berinteraksi secara langsung dengan karakter pokemon di dunia nyata. Tapi sayangnya ada beberapa kasus dimana Augmented Reality pada fitur kamera smartphone tidak dapat aktif. Kemungkinan ini terjadi karena dukungan software kamera atau UI pada smartphone tidak kompatibel dengan aplikasi game Pokemon Go. Tentunya ini akan mengurangi kesan fun saat sedang bermain. Pastikan kamera pada smartphone mampu mendukung teknologi tersebut.(Informasi tambahan dari para pembaca setia, untuk dapat menjalankan fitur kamera AR, juga dibutuhkan kelengkapan sensor GyroScope pada perangkat smartphone. 🙂 Thx )

4. Baterai Besar

Baterai smartphone

Mengunci lokasi menggunakan GPS dan koneksi data yang terus terhubung tentunya memakan daya yang besar pada smartphone. Belum lagi saat kamera sedang diaktifkan saat hendak menangkap pokemon. Ini akan menyebabkan baterai pada perangkat smartphone menjadi lebih cepat habis. Pastikan anda memiliki smartphone dengan baterai yang besar dan manajemen daya yang baik. Sehingga anda tak perlu khawatir akan kehabisan daya saat sedang asyik bermain. Atau jika smartphone  anda memiliki kapasitas baterai yang minim, anda bisa menyiapkan tenaga tambahan menggunakan powerbank.

5. Aman dalam Genggaman

smartphone-cases

Keamanan tentu tetap menjadi hal yang utama dimana pun dan kapanpun. Termasuk saat sedang bermain Pokemon Go selain harus memperhatikan keamanan diri sendiri, tentu anda juga tak mau smartphone kesayangan anda luput dari keamanan. Menggenggam ponsel di keramaian tentu sangat beresiko menjadi incaran para pelaku kejahatan. Resiko ponsel di jambret tentu tak mau kita ambil, karena smartphone bukanlah barang yang murah. Atau resiko lain seperti smartphone terjatuh yang bisa mengakibatkan kerusakaan, akibat lepas dari genggaman saat berlarian mengejar pokemon. Untuk menghindari kejadian tersebut, Anda bisa memanfaatkan casing tambahan agar smartphone lebih nyaman dan kokoh saat digenggam. Atau jika perlu, anda bisa menggunakan tali pengaman agar smartphone tetap dalam kondisi aman.

 

: , ,

COMMENTS