Review Lenovo Vibe K5 Plus

Author
Irham
Reading time:

Lenovo kembali menghadirkan seri Vibe K, dimana produk terbaru yang diluncurkannya ini adalah Vibe K5 Plus. Produk ini juga diluncurkan Lenovo dalam paket bundling dengan salah satu penyedia operator seluler di tanah air, yaitu Smartfren.

Perangkat ini juga kembali diperkenalkan sebagai smartphone VR, dimana paket penjualannya kali ini lagi-lagi dilengkapi dengan headset Virtual Reality, yaitu ANTVR, selama masa promosi awalnya. Meski dengan ukuran layar yang lebih kecil, yaitu 5 inci, perangkat ini tetap mampu memuaskan pengguna, terutama dengan adanya fitur Theater Max. Selain itu Vibe K5 Plus juga mampu memikat lewat desain metal yang diusungnya.

Hadir bersama Smartfren, Lenovo Vibe K5Plus juga telah mendukung teknologi VoLTE secara native. Penasaran seperti apa smartphone Lenovo yang dibanderol di harga Rp. 2.249.000 ini, simak reviewnya berikut ini.

Desain

Dari desain yang ditampilkan, Vibe K5 Plus tentu memiliki perbadaan dari seri K sebelumnya yaitu Vibe K4 Note. Bukan hanya dari segi ukuran, dimana perangkat ini menggunakan layar 5 inci, tapi juga dari material body perangkat.

Vibe-K5-Plus-1

Vibe K5 Plus menggunakan bahan metal serta finishing glossy pada cover bagian belakang, sedangkan Vibe K4 Note menggunakan bahan polycarbonate dengan finsihing hitam doff. Vibe K5 Plus terlihat lebih elegan dengan balutan warna berkilau yang dimilikinya. Namun meski menggunakan bahan metal pada cover bagian belakang, smartphone ini tidak di desain dengan konsep unibody. Vibe K5 Plus  menggunakan baterai removable serta slot SIMCard dan MicroSD yang berada dibalik penutup body bagian belakang.

Vibe-K5-Plus-2

Secara ergonomi, perangkat ini sangat nyaman digenggam. Meskipun memiliki tekstur yang glossy dan sangat halus pada bagian bodynya, tapi tidak membuat perangkat ini terasa begitu licin dalam genggaman. Hal ini juga ukuran dimensi perangkat yang cukup tipis dan pas dalam genggaman. Dibagian sisinya memiliki lengkungan yang tentunya telah disesuaikan untuk pas dengan ruas jari pengguna.

Cover bagian belakang ini tampak terlihat tersusun dari tiga bagian, yaitu bagian atas, bawah dan tengah. Bagian Atas dan bawah terbuat dari materi plastik, tentunya agar tidak menghalangi sinyal yang masuk. Materi metal akan sulit ditembus oleh sinyal radio. Logo Lenovo tertera di bagian belakang, juga disertai dengan logo Dolby yang berada di bagian bawah. Perangkat ini didukung dengan teknologi audio dari Dolby yang memberikan efek suara lebih mewah dan megah, terutama saat memutar multimedia menggunakan head/earphone.

Vibe-K5-Plus-3 Vibe-K5-Plus-4

Perangkat ini memiliki dual speaker yang berada di bagian bawah-belakang. Ini cukup berbeda dengan K4 Note yang memiliki dual speaker stereo yang berada di depan (atas-bawah), yang tentunya lebih cocok saat digunakan sebagai perangkat VR.

Yang menarik pada bagian depan, terdapat frame ‘menonjol’ yang membingkai layar. Tampaknya desain ini sengaja dihadirkan oleh Lenovo untuk melindungi layar agar tidak secara langsung terkenda goresan apabila pengguna meletakan smartphone dengan layar menghadap ke bagian bawah. Desain seperti ini pernah kami temui di beberapa smartphone Lenovo lain. Meski secara fungsi cukup penting, namun ini justru bagi kami sedikit mengurangi nilai estetika. Karena tentunya juga menambah ukuran dimensi keseluruhan dari perangkat terutama untuk ketebalan.

Vibe-K5-Plus-10

Tombol power dan juga volume terdapat di sisi sebelah kanan. Jarak antara volume dan power juga berdekatan, memudahkan untuk mengambil gambar screenshot. Sementara slot MicroUSB dan jack 3,5 mm diletakan berada di bagian diatas.

Vibe-K5-Plus-5

Spesifikasi

Vibe K5 Plus menghadirkan spesifikasi yang terbilang ‘cukup’ untuk kelas smartphoneyang ditujunya. Menggunakan layar IPS 5 inci dengan resolusi Full HD 1080×1920, perangkat ini dibekali dengan SoC Snapdragon 616, RAM 2 GB serta internal memori 16 GB. Vibe K5 Plus juga memiliki dukungan slot MicroSD untuk ekspansi tambahan.

Untuk kamera, terdapat sensor dengan resolusi 13 MP di bagian belakang lengkap dengan lampu flash, serta kamera 5 MP di bagian depan. Sudah menjadi ukuran standar, untuk kebutuhan kamera pada smartphone kelas menengah ke bawah saat ini.

CPU-Z

Sama seperti Vibe K5 Plus, perangkat ini diperkenalkan sebagai smartphone berteknologi VR yang dibanderol bersama paket headset VR, ANTVR. Oleh karena itu, Vibe K5 Plus juga sudah memiliki sensor Gyroscope yang penting untuk kebutuhan VR, di samping layarnya yang menggunakan resolusi Full HD.  Tak cuma sensor Gyroscope, kelengkapan sensor lainnya yang juga tersedia mulai dari Acceleration, Proximity, Compass, dan Ambience Light.

Lenovo Vibe K5 Plus memiliki baterai dengan kapasitas 2750mAh , berjalan dengan sistem Android 5.1 Lollipop serta menggunakan UI khas milik Lenovo yaitu Vibe UI.

Vibe-K5-Plus-6

Vibe K5 Plus tentunya telah mendukung semua jaringan 4G LTE ditanah air. Bahkan meskipun dibundling Smartfren 4G LTE Advance, perangkat ini ini tidak terkunci dan tetap bisa dipakai menggunakan provider lain.

Vibe-K5-Plus-7

Di dalam paket penjualanya terdapat adapter charger dan kabel USB, serta paket perdana Smartfren 4G LTE yang telah terpasang pada smartphone. Namun pengguna tetap harus mengaktifkan kartu melalui outlet selular.

Load Comments

Reviews

March 18, 2024 - 0

Review Tecno Spark 20 Pro+: Tipis, Ringan, AMOLED 120 Hz, dan tetap Kencang

Yang satu ini mungkin akan jadi smartphone dengan desain paling…
March 14, 2024 - 0

Review HUAWEI MatePad 11.5 PaperMatte Edition: Tablet HUAWEI Layar Unik dan Aksesoris Lengkap

Huawei Matepad 11.5 PaperMatte Edition, ini adalah varian dari Matepad…
March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…
June 7, 2022 - 0

Review Huawei Watch Fit 2: Smartwatch Segudang Fitur, Baterai Super Awet!

Cari smartwatch terkini yang canggih, fitur berlimpah, tapi maunya bisa…
October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…