in: Reviews | July 24, 2016 | by: Friska

Review Smartphone Android: Samsung Galaxy S7

Samsung dapat dikatakan sebagai salah satu merk smartphone yang secara resmi masuk di Indonesia dan masih menjadi yang terpopuler untuk digunakan oleh para masyarakat kita di Tanah Air. Selain memberikan smartphone mid-range, Samsung juga memasukkan produk premium mereka di Indonesia, yang terbaru yakni Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge.

Walau mungkin sudah berumur lebih dari 5 bulan lamanya sejak peluncuran perdana, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge masih menjadi salah satu pilihan terbaik untuk memiliki smartphone premium di Indonesia, dengan kondisi seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia sendiri tidak banyak pilihan smartphone premium bergaransi resmi yang bisa dipilih karena satu dan dua alasan.

samsung galaxy s7 (12)

Kali ini, kami akan memberikan review lengkap tentang performa sesungguhnya dari Samsung Galaxy S7 tersebut melalui artikel berikut.

Desain

samsung galaxy s7 (14)
tampak depan
samsung galaxy s7 (4)
tampak belakang

Samsung Galaxy S7 memiliki bentuk dan desain yang terlihat tipis nan elegan, berdimensi 142.4 x 69.6 x 7.9 mm dan berat 152 gram membuatnya ramping, ringan tetapi masih nyaman dan cukup kokoh untuk digenggam. Secara keseluruhan, desain utama dari Samsung Galaxy S7 ini sendiri tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki Galaxy S7 Edge. Hanya saja, pada seri “polos” ini, Galaxy S7 tidak memiliki bagian lengkung di kedua sisi kiri dan kanan smartphone seperti yang dimiliki oleh Galaxy S7 Edge.

samsung galaxy s7 (10) samsung galaxy s7 (11)

 

Material utama dari Samsung Galaxy S7 ini sendiri terdiri dari desain dual glass dengan memiliki bezel (bingkai) yang terbuat dari aluminium. Mengesampingkan desain dan pilihan material yang membuatnya terlihat lux ini, salah satu kekurangan dari bahan material glass adalah kecenderungannya untuk memperlihatkan bekas sidik jari dengan sangat jelas sehingga membuatnya cepat kotor jika tak diberikan casing tambahan.

samsung galaxy s7 (8)

Layar utama dari Samsung Galaxy S7 ini sendiri berukuran 5.1 inch dengan resolusi 2560 x 1440 (Quad HD) jenis Super AMOLED dan ketajaman warna 16M. Bodi belakangnya dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 4 dan sudah tersertifikasi IP68 untuk ketahanannya terhadap debu dan air.

samsung galaxy s7 (1)

Di bagian atas permukaan smartphone, merupakan posisi receiver ketika mendapatkan panggilan, kamera depan serta LED flash.

samsung galaxy s7 (13)

Sementara bagian bawah permukaan smartphone merupakan posisi tombol HOME, serta tombol Always-on-display ada di kiri dan kanan tombol utama yang aktif ketika digunakan. Tombol HOME ini sendiri juga berfungsi sebagai sensor Fingerprint.

samsung galaxy s7 (5)

Bagian belakang dari Samsung Galaxy S7 merupakan posisi kamera utama yang ditempatkan di tengah, dengan sensor array dan flash berada di sebelah posisi kamera tersebut. Pada desain kali ini, ada sedikit tonjolan pada bagian kameranya setebal 0.46mm, walau tetap didesain sedemikian rupa untuk smartphone tetap terlihat menarik.

samsung galaxy s7 (16)

Posisi jack audio 3.5mm, port microUSB, mic serta speaker berada di bagian bawah smartphone.

samsung galaxy s7 (6)

Posisi slot SIM card dan microSD card berada di bagian atas smartphone, di mana bagian ini dibuka dengan menggunakan pin yang tersedia dalam paket penjualan.

samsung galaxy s7 (18)

samsung galaxy s7 (17)

Tombol di kiri smartphone merupakan tombol power, sementara di sebelah kanan smartphone merupakan tombol volume-nya.

samsung galaxy s7 (2)

samsung galaxy s7 (3)

Paket penjualan dari Samsung Galaxy S7 ini sendiri tergolong lengkap, dengan terdapat earphones, kabel USB, AC adaptor, USB converter untuk OTG (On-The-Go), pin, dan 3 kertas panduan.

Spesifikasi

CPUZ

Untuk versi yang masuk di Indonesia, Samsung Galaxy S7 yang didapatkan adalah versi yang menggunakan prosesor Exynos 8890. SoC ini menggunakan 4 unit core ARM Cortex A53 dan 4 unit ARM Cortex A72 dengan kecepatan 2.3GHz dan 1.6GHz. Banyak yang melihat SoC ini sebagai penantang utama untuk Qualcomm Snapdragon 820, sementara banyak juga yang melihat bahwa SoC ini akan dengan mudah dikalahkan Snapdragon 820 karena performa custom core Snapdragon yang umumnya memang dahsyat. Selain itu, Samsung Galaxy S7 juga memiliki RAM 4GB, ROM 32GB yang dapat ditambahkan hingga 200GB dengan menggunakan microSD card tambahan.

Untuk kameranya, kamera utama dari Samsung Galaxy S7 menggunakan sensor Dual Pixel dengan resolusi 12 megapixel, autofocus, LED flash dan aperture f/1.7. Sementara untuk kamera depannya menggunakan sensor CMOS beresolusi 5 megapixel, LED flash dan aperture f/1.7. Kamera utamanya juga bisa digunakan untuk merekam video UHD 4K (3840 x 2160) @30fps.

samsung galaxy s7 (9)

Samsung Galaxy S7 ini juga mendukung Dual SIM Card, dengan tipe slotnya SIM 1 + Hybrid (SIM or MicroSD). Konektivitas yang juga telah didukung oleh smartphone ini antara lain GSM/HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat9 450/50 Mbps, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, NFC, Bluetooth v4.2, dan Fingerprint scanner.

Sensor yang dimiliki oleh smartphone ini juga tegolong lengkap, dengan di antaranya terdapat sensor Accelerometer, Barometer, Fingerprint Sensor, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, HR Sensor, Proximity Sensor, dan RGB Light Sensor. Untuk kenyamanan pengoperasiannya, Samsung Galaxy S7 memiliki kapasitas baterai 3.000mAh dengan kemampuan Fast Charging, serta berjalan di Android 6.0 Marshmallow.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS