in: Featured - Highlights - Reviews | September 15, 2016 | by: Irham

Review Samsung Galaxy J5: Low-End Samsung Jagokan Layar AMOLED

Uji Perfomance

Kami melakukan pengujian pada produk, dengan melakukan tes beberapa aplikasi benchmark. Diantaranya adalah AnTuTu 6.0.1, Geekbench 3, 3D Mark dan juga PCMark. Kami juga memberikan beberapa perbandingan untuk melihat seberapa tangguh sebuah smartphone dibandingkan smartphone lain dikelasnya yang memiliki spesifikasi yang sama ataupun kisaran harga yang sama. Berikut hasil pengujian untuk produk Galaxy J5 2016.

AnTuTu 6.0.1

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik. Kami menggunakan AnTuTu 6.0.1 untuk pengujian ini, dikarenakan database inilah yang kami gunakan sejak awal tahun 2016. Sehingga untuk perbandingan tentunya kami harus melakukan pengujian dengan versi aplikasi benchmark yang sama.

antutu-6-0-1

antutu-j5-2016
Perbandingan Skor AnTuTu 6.0.1 Galaxy J5 2016 dengan beberapa smartphone lain

Geekbench 3

Geekbench 3 digunakan untuk menguji kemampuan prosesor. Angka yang ditampilkan akan menjadi hasil uji yang cukup konsisten dan bisa digunakan untuk acuan yang cukup baik. Skor single core akan menggambarkan kenyamanan penggunaan sehari-hari. Sama seperti AnTuTu, Geekbench yang kami gunakan disini masih versi Geekbench 3 meskipun sudah ada aplikasi Geekbench 4, dikarenakan database yang kami gunakan sebagai perbandingan adalah Geekbench 3.

geekbench-3

geekbench-3-singel-core-j5-2016
Perbandingan Skor Geekbench 3 Single-Core Galaxy J5 2016 dengan beberapa smartphone lain
geekbench-3-multi-core-j5-2016
Perbandingan Skor Geekbench 3 Multi-Core Galaxy J5 2016 dengan beberapa smartphone lain

3DMark

Aplikasi benchmark yang satu ini digunakan untuk mengetahui indikator performa gaming maksimum. 3DMark akan menguras kemampuan 3D dan prosesor smartphone yang terkait dengan kemampuan gaming. Demo benchmark yang kami gunakan adalah Ice Storm Unlimited.

3d-mark

PCMark

PCMark adalah aplikasi bencmark yang digunakan untuk menampilkan kemampuan menyeluruh dari sebuah smartphone untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk browsing,  performa olah video dan gambar.

pcmark

Jika melihat performa keseluruhan dari Samsung Galaxy J5 2016, tampak bahwa sebenarnya perangkat ini terbilang sangat standar bahkan dibandingkan dengan perangkat lain sekelasnya. Namun perangkat ini masih memiliki performa yang cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari pengguna seperti aplikasi chating, browsing, sosial media, multimedia, dan juga game-game ringan. Performa saja tentunya belum bisa menentukan kesimpulan produk secara keseluruhan, apalagi kebutuhan pengguna cukup berbeda. Masih banyak poin lain seperti kamera, ketahanan baterai dan juga fitur-fitur unggulan yang juga ditawarkan pada setiap produk.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , , ,

COMMENTS