in: Featured - Highlights - Reviews | September 15, 2016 | by: Irham

Review Samsung Galaxy J5: Low-End Samsung Jagokan Layar AMOLED

Fitur Unggulan

Sbike

Samsung cukup mengerti dengan kebutuhan pengguna ditanah air. Melihat banyaknya pengendara motor di Indonesia, Samsung memberikan fitur khusus untuk para pengendara motor melalui Samsung Galaxy J5 2016. Pada paket penjualan terdapat sticker NFC Sbike. Fungsinya adalah untuk mengaktifkan mode Sbike pada smartphone saat penggunanya berkendara motor. Cara penggunaanya yaitu dengan meletakan sticker NFC tersebut pada kendaraan pengguna, kemudian dengan menyentuhkan smartphone dekat dengan sticker NFC Sbike, maka mode Sbike akan langsung aktif.

j5-2016-gambar-10
Sticker NFC Sbike

Pada mode Sbike terdapat beberapa menu seperti notification, Smart Reply dan My Rides. Menu Notification menampilkan pemberitahuan seperti pesan masuk, panggilan telepon dan lain-lain saatpengguna sedang berkendara. Fitur yang paling penting adalah Smart Reply dimana pengguna bisa mengatur pesan singkat untuk menjawab pesan atau panggilan saat sedang pengendara. Anda bisa memasukan beberapa daftar kontak untuk fitur Smart Reply.

sbike-mode
Menu Sbike Mode

Contoh saat anggota keluarga anda yang telah anda daftakan kontaknya di Smart Reply menghubungi anda yang sedang berkendara, maka secara otomatis ponsel anda akan mengirim pesan singkat. Misalnya “Sedang Berkendara,” ‘On The Way” dan lain-lain. Tak hanya bisa mengatur daftar kontak, anda juga bisa mengatur pesan singkat yang ingin anda kirim secara otomatis. Uniknya Sbike tidak menganjurkan pengguna untuk menelpon saat berkendara, karena saat fitur Sbike diaktifkan, maka lubang jack untuk headset tidak dapat aktif. Artinya pengguna tidak boleh menjawab telepon  baik menggunakan headset saat sedang mengendarai motor.

Ultra Data Saving

screenshot_20160912-140919 screenshot_20160914-105355

Fitur berikutnya ini lagi-lagi juga sangat cocok untuk konsumen di Indonesia. Mengingat banyak kalangan muda yang mengeluh soal ‘kuota Internet’ yang sering habis, Samsung menghadirkan fitur Ultra Data Saving untuk menghemat penggunaan data. Berbeda dengan pengaturan limitasi data yang tersedia secara umum pada menu pengaturan di sistem operasi Android, fitur Ultra Data Saving mampu mengkompresi pengguna data hingga 50%. Adapun fitur ini terintergerasi dengan aplikasi Opera Max, sehingga data konten yang diunduh terlebih dahulu dikompresi menjadi lebih kecil dan tentunya lebih mengehemat data. Namun tidak ditampilkan secara rinci untuk pengkompresian data, yang jelas Samsung menjanjikan untuk fitur tersebut akan menghemat penggunaan data.

Kesimpulan

Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, Galaxy J5 2016memang telah mengalami beberapa peningkatan. Termasuk diantaranya adalah kapasitas RAM dan internal memori yang lebih besar, serta kapasitas baterai yang lebih besar. Namun secara performa, peningkatannya tidak begitu signifikan. Perbandingan dengan beberapa smartphone di kelas harga yang sama, Galaxy J5 2016 masih berada di bawah.

Namun Samsung nampaknya tetap berusaha memberikan produk yang kompleks untuk kebutuhan pengguna saat ini, lewat fitur unik yang dimilikinya. Yaitu fitur Sbike dan Ultra Data Saving, yang menjadi salah satu senjata pamungkas mereka untuk smartphone entry level. Disamping itu, kecanggihan layar super AMOLED milik samsung memang belum dapat ditandingi oleh produk-produk rival mereka.

Kualitas gambar juga masih tergolong bagus, untuk kebutuhan sosial media nampaknya masih dapat terakomodir baik. Poin plus lainnya terdapat pada daya tahan baterai yang cukup awet, apalagi dengan kapasitas baterai yang lebih besar. Sayangnya ini juga tidak dibarengi dengan sensor yang lengkap. Tidak ada sensor Gyroscope pada Samsung Galaxy J5 2016.

Hal yang tetap konsisten dari Samsung adalah menghadirkan produk dengan build quality yang baik. Galaxy J5 2016 mengggunakan frame metal yang kokoh, memberikan durabilitas lebih tinggi pada produk. Ergonomisnya pun terasa nyaman digenggaman, meskipun secara desain tampak simpel tidak ada yang terlalu menonjol.

Galaxy J5 2016 dibanderol dengan harga yang masih terbilang tinggi yatu sekitar Rp. 3.100.000.

Kelebihan:

+ Build Quality Baik

+ Layar Super AMOLED

+ Baterai Besar

+ Kamera bagus

+Fitur lengkap

Kekurangan

– Sensor kurang lengkap

– SoC/prosesor kurang powerfull

Produk Samsung Galaxy J5 2016
Layar 5.2 inci HD SuperAMOLED
Processor Snapdragon 410 (Quad-Core 1,2 GHz, Cortex A53)
GPU Adreno 306
Memory 16 GB, 2 GB RAM
Baterai 3100 mAh
Konektivitas GSM, HSDPA, LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, microUSB v2.0, USB Host
Kamera Belakang: 13 MP
Depan: 5 MP
Sistem Operasi Android Marshmallow 6.0.1
Harga Rp 3.099.000,-

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , , ,

COMMENTS