in: News | October 20, 2016 | by: Tim Jagat Review

Qualcomm Kenalkan Modem 5G X50

Produsen chip terkenal, Qualcomm telah memperkenalkan modem 5G perdana mereka, yaitu Snapdragon X50. Ini merupakan desain modem 5G pertama Qualcomm yang bisa digunakan di dalam sebuah smartphone, dan akan mulai digunakan oleh smartphone dari generasi berikutnya. Snapdragon X50 ini akan dikirim ke beberapa operator jaringan untuk uji coba.

snapdragon-x50

Modem Snapdragon X50 menjadi modem pertama buatan Qualcomm yang mendukung jaringan 5G. Modem ini akan mendukung jaringan seluler frekuensi 28 GHz. Frekuensi 28 GHz ini juga yang dipakai Nokia dan US Cellular untuk uji coba jaringan 5G. Qualcomm mengklaim bahwa modem Snapdragon X50 ini akan menawarkan kecepatan download hingga 5Gbps.

Untuk dapat meraih kecepatan tersebut, modem ini menggunakan teknologi antena Multiple-Input Multiple-Output (MIMO) dengan teknik adaptive beamforming dan beam tracking. Antena MIMO ini memungkinkan modem bisa mendapatkan sinyal jaringan seluler yang baik  walaupun jarak dengan tower operator seluler jauh.

Qualcomm mengatakan bahwa produsen smartphone dapat menggunakan odem Snapdragon X50 untuk smartphone “5G Ready”. Modem ini juga dapat dikombinasikan dengan chipset Snapdragon yang terintegrasi dengan modem Gigabit LTE. Modem Snapdragon X50 ini juga dapat bekerja dalam multi mode jaringan 4G dan 5G. Qualcomm mengatakan bahwa sampel modem Snapdragon X50 ini akan tersedi

: ,

COMMENTS