in: News | November 24, 2016 | by: Dedy Irvan

Micro SD “A1” – Standar Baru untuk Aplikasi Android

Sejak rilis Android 6.0 “Marshmallow”, Google menanamkan fitur Adoptable Storage Devices di sistem operasi mobile populer besutan mereka tersebut. Fitur ini memungkinkan Micro SD yang dipasang ke perangkat diadopsi atau digunakan seakan-akan sebagai storage internal. Hal ini menghadirkan kebutuhan baru akan Micro SD yang khusus mendukung kebutuhan untuk menjalankan aplikasi.

appperf_long

Micro SD untuk Menyimpan Aplikasi Android

Salah satu penggunaan umum Micro SD yang digunakan untuk Adoptable Storage Device adalah untuk media instalasi aplikasi. Tentunya, hal ini membutuhkan persyaratan khusus agar aplikasi bisa berjalan dengan optimal dari Micro SD. Untuk itu, SD Association, pihak yang menangani standar untuk Micro SD, menyiapkan sebuah standar baru untuk menandakan Micro SD siap mendukung fitur Adoptable Storage Device.

Perkenalkan Standar Baru: A1

Standar baru yang disiapkan SD Association disebut sebagai “A1”. SD Association menetapkan beberapa syarat agar Micro SD masuk ke dalam klasifikasi “A1” atau App Performance Class 1, yaitu Random Read di angka 1500 IOPS, Random Write di angka 500 IOPS, dan Sequential Read-Weite di 10 MB/s. Bila syarat tersebut dipenuhi, Micro SD berhak menggunakan label “A1” tersebut.

“A1” ini dihadirkan untuk mempermudah pengguna smartphone mencari Micro SD untuk Adoptable Storage Device. SD Association sendiri menyebutkan bahwa mereka akan terus memperbarui standar ini dengan menghadirkan kelas yang lebih tinggi bila mereka melihat ada tren yang mengarah ke kebutuhan yang lebih tinggi lagi. Standar ini bisa jadi akan segera diadopsi oleh Micro SD yang ditawarkan oleh berbagai produsen yang ada saat ini.

: , ,

COMMENTS