in: News | November 23, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Snapdragon 835: CPU Octa-Core & RAM Quad-Channel?

Qualcomm sudah resmi menyebutkan bahwa SoC premium mereka berikutnya akan hadir dengan nama Snapdragon 835. SoC ini adalah yang pertama diproduksi di fabrikasi 10 nm bagi Qualcomm dan akan menjadi penerus Snapdragon 821. Mereka belum memberikan detail spesifikasi dari SoC tersebut, tetapi bocoran yang beredar di Internet menunjukkan spesifikasi yang sangat tinggi!

qualcomm-snapdragon

 

SoC Kelas “Monster”

Berdasarkan kabar yang beredar tersebut, SoC Snapdragon 835 akan menggunakan core dari generasi Kryo berikutnya, yang disebut sebagai Kryo 200. Qualcomm disebut akan menyertakan delapan core Kryo 200 di SoC ini, dengan konfigurasi 4+4. Sayangnya, tidak disebutkan berapa clock speed dari dua kelompok core di SoC premium ini.

GPU yang digunakan di SoC tersebut disebut sebagai Adreno 540, yang sayangnya tidak disebutkan kemampuan detailnya. Qualcomm juga akan menanamkan modem baru, X16 LTE, di dalam SoC tersebut. Satu hal yang menarik, dukungan RAM di SoC tersebut disebut meningkat dari sebelumnya, di mana SoC ini bisa mengakomodasi hingga quad-channel LPDDR4 1866 MHz!

qualcomm-samsung-snapdragon-835

Hadir Perdana di Samsung Galaxy S8?

SoC Snapdragon 835 ini dipastikan diproduksi di fasilitas 10 nm milik Samsung. Tampaknya, sebagai bagian dari kerja sama kedua raksasa tersebut, Samsung mendapatkan hal untuk menjadi yang pertama menggunakan SoC “monster” tersebut. Masih dari sumber yang sama, smartphone Galaxy S8 disebut akan menjadi yang pertama menggunakan SoC tersebut.

Sayangnya, sejauh ini Qualcomm masih belum mengeluarkan pernyataan resmi mereka terkait spesifikasi Snapdragon 835. Mereka bisa jadi memang sengaja menyembunyikannya untuk memberikan kejutan besar ke dunia. Namun, bila spesifikasi yang bocor ini benar, SoC Snapdragon 835 bisa jadi akan membuat dunia smartphone di tahun 2017 menjadi sangat menarik.

: , ,

COMMENTS