in: News | December 19, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Acer Hentikan Penjualan Smartphone di India

Bagi kebanyakan produsen smartphone, India merupakan salah satu negara yang memiliki pangsa pasar smartphone terbesar kedua setelah Tiongkok. Hampir tiap produsen ternama seperti Samsung, LG dan Nokia sudah memasang target ke negara tersebut untuk menjajakan produk andalannya. Namun tampaknya hal tersebut berbeda dengan Acer.

acerliquidz500-1-500x281

Produsen asal Taiwan yang cukup ternama dengan produk notebook-nya ini memutuskan akan menghentikan penjualan smartphone andalannya di negeri Bollywood tersebut. Acer secara resmi memasuki pasar India pada tahun 1999 mulai dari lini PC mereka. Lalu kemudian menyusul pasar smartphone di India sejak 6 tahun lalu. Sayangnya, perjalanan Acer selama 6 tahun di pasar smartphone India tidak berjalan dengan mulus. Selain itu, Acer juga kewalahan menghadapi masuknya smartphone asal Tiongkok ke India.

Ada beberapa faktor lainnya juga yang menyebutkan Acer sulit bersaing menghadapi persaingan smartphone di India. Harish Kohli, selaku Managing Director, Acer India mengatakan, “Ada beberapa kebijakan dari pemerintah India yang berubah-ubah membuat ponsel Acer kesulitan di sini. Kami juga kesulitan untuk masuk di setiap segmen smartphone. Terlalu banyak merek ponsel di segmen entry-level dan mid-range di pasar smartphone India“.

Tarun Pathak, selaku Senior Analisis dari Counterpoint Research, memiliki pandangan tersendiri akan kegagalan Acer di pasar smartphone India. Kegagalan bisnis smartphone Acer di India dinilai karena perusahaan tidak gesit dalam melakukan tren penjualan, seperti flash sale online yang dilakukan Xiaomi, OnePlus bahkan Yu yang merupakan produsen smartphone lokal asal India.

Tarun juga menambahkan melalui hasil laporan penjualan yang diperolehnya, tahun ini Acer hanya berhasil menjual sebanyak 30.000 unit smartphone. Sedangkan Xiaomi telah berhasil menjual 3 juta unit smartphone antara Juli dan September 2016. Meskipun Acer telah meluncurkan beberapa model smartphone Android dan juga Windows, perusahaan juga dinilai tampak ragu dalam mendorong pemasaran dan logistik di India.

Sumber: Mashable

: , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | May 3, 2017 | Comments

iPhone 8 Batal Rilis Tahun 2017?

News | May 9, 2017 | Comments

Desain Render Nubia Z17 Beredar di Internet

News | April 6, 2017 | Comments

Analis Prediksi Galaxy S8 Masih Lebih Murah dari iPhone 8

News | May 5, 2017 | Comments

Bocoran Spesifikasi OnePlus 5 Muncul