in: Reviews - Tips & Guides | December 31, 2016 | by: Irham

Tes Perbandingan Smartphone Android Populer Harga 3-4 Juta Rupiah

Kamera

Pengujian kamera tentu bukan hal yang mudah. Kami berusaha mengambil foto-foto dengan hasil yang semirip mungkin. Akan tetapi, kesimpulan kami sebenarnya juga berasal dari hasil pengujian dengan memakai keempat smartphone ini dalam waktu sekitar sebulan.
Berikut adalah hasil pengujian kami dengan keempatnya:

Tes Kamera Utama Auto

Dalam pengujian ini, kami menggunakan kamera utama dari keempat smartphone yang dibandingkan. Cukup menarik melihat bahwa Zenfone 3 ZE520KL tampak memiliki dynamic range yang cukup baik tanpa mengganggu kontras keseluruhan. Oppo F1s tampak memilih opsi lebih terang yang mengakibatkan langit menjadi terlalu terang. Sementara itu Vivo V5 tampak memilih kontras sedikit rendah dan mengamankan langit. Galaxy A5 menampilkan foto yang terkesan “biasa” namun sebenarnya ini adalah cara aman yang umum dipakai dalam kamera DSLR sekalipun.

 

Tes Kamera Indoor

Di dalam ruangan, diafragma besar dan algoritma noise reduction yang sangat “dewasa” membuat Samsung Galaxy A5 Unggul dengan mutlak, meski resolusi sensornya hanya 13MP. Oppo dan Vivo memiliki “gaya” yang mirip dalam menanggulangi foto ini, noise reduction pun tampak bekerja dengan sangat serupa. Sementara itu, Zenfone 3 ZE520KL hadir dengan tingkat detail yang sama dengan Oppo dan Vivo, hanya saja bentuk noise-nya yang berbeda. Jika dilihat dalam ukuran kecil, hasil foto Zenfone ini akan sekilas terlihat sedikit lebih tajam.

Detail

Mencoba untuk mencari tahu level detail yang dapat ditampilkan oleh keempat smartphone ini, kami mencoba untuk membandingkannya dengan foto ini.

Samsung Galaxy A5 dan ASUS Zenfone 3 ZE520KL menampilkan level detail yang nyaris serupa dan sama baiknya. Kami cukup takjub bagaimana Samsung A5 bisa memanfaatkan sensor 13MP untuk “mengejar” sensor 16MP baru. Corner to corner sharpness pada keduanya juga sangat baik. Noise dalam kondisi terang ini terlihat terjaga sangat baik.

Oppo F1s dan Vivo V5 menampilkan sedikit noise di sisi shadow, meskipun kondisinya terang. Kamera pada Oppo F1s kami menampilkan detail yang menurun di sisi sudut-sudut hasil fotonya. Ini biasanya adalah efek lensa yang digunakan.

Hasil  Tes Kamera Selfie (Depan)

Saat pengujian masuk ke urusan kamera Selfie, sudah jelas siapa yang akan unggul sejak awal. Vivo V5 tampak unggul dengan detail yang baik dalam semua pengujian kami. Oppo F1s datang sebagai pesaing terdekatnya.

Hal yang menarik dari kedua smartphone ini adalah Anda harus memperhatikan bahwa keduanya memiliki kamera dengan fokus tetap (bukan autofokus). Uniknya, kedua smartphone ini (Vivo V5 dan Oppo F1s) memfokus cenderung ke muka/wajah dan membiarkan background sedikit tidak fokus. Ini sangat baik untuk foto selfie yang menitikberatkan pada wajah kita. Akan tetapi, bisa kurang baik jika Anda ingin menampilkan bangunan atau sesuatu di background dengan tajam juga.

ASUS Zenfone 3 ZE520KL dan Samsung Galaxy A5 menampilkan hasil selfie yang cenderung “biasa”. Akan tetapi, Zenfone 3 unggul sedikit karena resolusi yang lebih tinggi.

Kamera Video

Sepertinya tidak perlu banyak dibahas lagi siapa juaranya untuk urusan video. ASUS Zenfone 3 ZE520KL datang dengan SoC yang sanggup mengolah video 4K dengan mulus-lancar. Jika merasa 4K tidak penting, EIS (Electronic Image Stabilizer) pada kamera ini menjadi keunggulan utamanya. Efektivitasnya sangat baik dan akan membantu dalam keseharian.

Samsung Galaxy A5 datang di tempat kedua untuk urusan video karena bukaan F1.9 yang membantu video tampil lebih terang di kondisi pencahayaan rendah. Sementara Oppo F1s dan Vivo V5 menyusul dengan kemampuan video yang “rata-rata air” untuk harganya.

Untuk sisi kamera, kami simpulkan bahwa:
Setiap smartphone akan memiliki keunggulannya masing-masing. Mungkin dengan pengecualian Oppo F1s dan Vivo V5 yang bersaing dengan keunggulan sama dan harga sama. Jadi, mari kita jabarkan dengan lebih detail.
Untuk kamera utama: ASUS Zenfone 3 ZE520KL dan Samsung Galaxy A5 2016 menjadi juaranya. Vivo V5 menyusul dengan keunggulan tipis. Sementara Oppo F1s berada di urutan terakhir.
Untuk kamera selfie: Vivo V5 adalah juaranya! Ya, akhirnya Oppo F1s harus menyerahkan tahtanya ke Vivo V5. Sementara itu Zenfone 3 ZE520KL dan Samsung Galaxy A5 2016 harus puas berada di belakang kedua jagoan selfie tersebut.
Untuk Video: ASUS Zenfone 3 ZE520KL adalah juaranya. Ketiga smartphone yang lain bahkan tidak bisa mendekati kemampuan video 4K dan EIS pada Zenfone 3 ZE520KL.

Secara keseluruhan, jika diambil rata-rata maka Zenfone 3 ZE520KL akan menjadi smartphone dengan kemampuan fotografi dan video terbaik. Sementara itu, Samsung A5 2016 menyusul di urutan kedua berasama Vivo V5. Kedua smartphone ini memiliki keunggulannya masing-masing. Oppo F1s, karena sisi selfie-nya telah “dikalahkan” oleh Vivo V5, harus puas di urutan terakhir.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | January 11, 2017 | Comments

Tiongkok Ban Aplikasi Pokemon GO

News | December 30, 2016 | Comments

HTC Siapkan Tiga Smartphone Terbaru Tahun Depan

News | March 17, 2017 | Comments

Moto M Siap Diluncurkan di Indonesia

News | March 2, 2017 | Comments

Harga BlackBerry KEYOne Bocor di India