in: News | December 28, 2016 | by: Yufianto Gunawan

TSMC Bantah Kendala Produksi Chip 10 nm

Produksi chip dengan fabrikasi 10 nm di TSMC dan Samsung sempat disebut mengalami kendala sehingga hasil produksi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bahkan kendala itu disebut membuat beberapa kreator chip harus mengatur ulang rencana mereka untuk tahun 2017 mendatang. Namun, kabar itu baru saja dibantah oleh TSMC.

tsmc

Tegaskan Tidak Ada Masalah

TSMC menyebutkan bahwa perkembangan produksi chip fabrikasi 10 nm mereka sejauh ini sesuai dengan apa yang telah diperkirakan. Mereka membantah kabar yang sebelumnya beredar terkait produksi chip yang ada di bawah yang diharapkan, sehingga bisa mempengaruhi beberapa pelanggan mereka, seperti Apple dan Qualcomm. Bila klaim TSMC ini benar, chip 10 nm bisa jadi tidak akan tertunda dan perangkat dengan chip-chip itu akan hadir tepat waktu.

Pesanan Banyak, Untung Tipis

Sejauh ini, TSMC disebut akan memproduksi chip 10 nm untuk Apple, termasuk A10X dan A11, yang akan digunakan di produk tablet dan smartphone mereka dari generasi mendatang. Selain itu, mereka juga memegang pesanan SoC 10 nm dari raksasa chip lain, Qualcomm. Walaupun begitu, TSMC menyebutkan bahwa keuntungan dari chip 10 nm hanya akan ada di kisaran 1% dari keuntungan keseluruhan mereka di kuartal awal tahun depan.

Proyeksi 3 nm di Tahun 2022

Tidak hanya fokus di chip 10 nm, TSMC menyebutkan bahwa mereka juga akan mulai mengejar chip 7 mm di tahun 2017. Chip 7 nm itu nantinya akan diikuti oleh chip 5 nm di tahun 2019. TSMC juga menyebutkan bahwa mereka akan menyiapkan chip 3 nm untuk tahun 2022.

: , ,

COMMENTS