in: News | January 31, 2017 | by: Irham

Jagat Gadget Award 2016: Best Smartphone Rp 3-4 Jutaan

Untuk smartphone terbaik di range harga Rp 3-4 jutaan, tampaknya sudah bisa Anda tebak siapa saja yang mengisi nominasi di rentang harga ini. Apalagi jika Anda sebelumnya telah melihat artikel perbandingan smartphone terbaik di harga Rp 3-4 jutaan yang kami rilis beberapa waktu lalu. Di pengujian tersebut, ada empat brand smartphone yang kami sebutkan telah menjadi piihan banyak orang, dengan fitur ‘unggulan’ dari masing-masing produk.

Feat.-Best-Smartphone-3-4

Namun tidak semua smartphone yang telah kami uji dalam tes perbandingan sebelumnya berhasil masuk di nominasi Best Smartphone Rp 3-4 Jutaan versi Jagat Gadget. Bahkan ada juga smartphone lain yang sebenarnya masuk di nominasi award best smartphone Rp 3-4 jutaan kali ini.

Karena tentunya di rentang kelas harga ini, pengguna harus sudah mendapatkan performa smartphone yang optimal untuk kebutuhan keseharian mereka. Tapi tentunya pengguna tak ingin hanya menggunakan smartphone sekedar kebutuhan sehari-hari seperti sosial media, browsing dan lain-lain. Harus ada fitur-fitur  unggulan lainnya juga sangat bergantung passion dan aktivitas dari pengguna itu sendiri. Ada yang senang gaming, inginnya smartphone yang paling powerfull, ada yang suka fotografi inginnya smartphone berkamera canggih, atau bahkan ada yang doyan selfie, maunya smartphone dengan kamera selfie paling bagus. Semakin banyak yang diakomodir pada sebuah smartphone, pastinya menjadikannya pilihan yang terbaik.

Lalu apa saja smartphone yang masuk di Best Smartphone Rp 3-4 Jutaan kali ini, berikut nominasi smartphone terbaik di rentang harga itu.

ASUS Zenfone 3 ZE520KL – GOLD

Asus Zenfone 3 ZE520KL - Gold

ASUS ZE520KL memiliki layar IPS Full HD 1920x1080p. SoC yang digunakan adalah Snapdragon 625 (Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 +GPU Adreno 506). Kapasitas RAM yaitu sebesar 3GB dengan internal storage sebesar 32 GB (eMCP.).

Untuk kamera utama ASUS menyematkan sensor kamera Sony IMX298 dengan resolusi 16 MP F/2.0 lengkap dengan Dual Tone LED,  teknologi OIS dan EIS, PDAF dan Laser Auto Focus. Sementara untuk kamera depan, ASUS membekalinya dengan sensor beresolusi 8MP f/2.0.

Zenfone 3 yang menggunakan baterai berkapasitas 2650mAh ini berjalan dengan sistem operasi Android Marshmallow 6.01 serta menggunakan antar muka ZenUI 3.0.

Zenfone 3 ZE520KL mendapatkan predikat Gold, untuk performa yang powerfull, kamera terbaik di kelasnya, serta daya tahan baterai yang sangat awet.

Kelebihan:

+ Performa tertinggi, tidak tersaingi smartphone sekelasnya.

+ Daya tahan baterai yang ternyata sangat baik, meskipun baterai hanya 2600 mAh.

+ Kemampuan kamera yang merata, dan terutama kamera videonya yang sangat baik.

 

Samsung Galaxy A5 (2016) – GOLD

Samsung Galaxy A5 (2016) - Gold

Samsung Galaxy A5 (2016) memiliki ukuran layar 5.2 inch dengan lapisan Corning Gorilla Glass 4, dipersenjatai dengan prosesor Exynos 7580 octa core 1.6GHz Cortex-A53 dengan GPU Mali-T720MP2, RAM 2GB dengan kapasitas internal 16GB yang bisa ditambahkan hingga 256GB dengan microSD eksternal.

Kamera utamanya menggunakan sensor CMOS 13 megapixel dengan aperture f/1.9 dan sudah bisa digunakan untuk merekam video FHD @30fps. Sementara kamera depannya menggunakan sensor CMOS 5.0 megapixel dengan aperture yang sama.

Smartphone ini telah mendukung Dual SIM card serta konektivitas 4G LTE, Bluetooth 4.1, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n 2.4+5GHz, HT40, NFC, sensor Fingerprint, kapasitas baterai 2900mAh serta berjalan di Android 5.1.1 Lollipop yang bisa diupdate ke Android 6.0.1 Marshmallow.

Kami juga memberikan Gold untuk Samsung Galaxy A5 berkat kualitas kamera yang terbaik, bersaing dengan Zenfone 3 ZE520KL terutama untuk fotografi. Selain itu Galaxy A5 memiliki manajemen daya yang baik, serta desain yang sangat menawan.

Kelebihan:

+ Kemampuan kameranya sangat baik, terutama untuk urusan fotografi

+ Layar Super AMOLED Full HD

+ Desain cantik dan built quality baik.

 

VIVO V5 – SILVER

VIvo V5 - Silver

Vivo V5 memiliki layar 5.5 inch beresolusi 720 x 1280 pixel HD dengan layar IPS yang telah dilapisi Corning Gorilla Glass.  Smartphone ini sendiri dipersenjatai dengan prosesor octa-core MediaTek MT6750 1.5GHz, dengan RAM 4GB, serta storage internal 32GB yang bisa ditambahkan hingga 128GB. Kamera selfienya beresolusi 20 megapixel dengan menggunakan sensor Sony IMX376 yang memiliki ukuran 1/2.78 inch dan aperture f/2.0. Sementara kamera utamanya memiliki resolusi 13 megapixel yang dapat merekam video kualitas 1080@30fps.

Vivo V5 juga memiliki sensor Fingerprint untuk akses unlock lebih cepat hanya 0.2 detik. Selain itu, Vivo V5 juga memiliki teknologi audio Hi-Fi menggunakan chip AK4376 yang mampu menghasilkan kualitas suara terbaik. Dukungan lainnya yang hadir di Vivo V5 ini juga termasuk di antaranya konektivitas 4G LTE, sensor yang tergolong lengkap termasuk Gyro dan Accelerator, kapasitas baterai 3000mAh, serta menggunakan FunTouch OS 2.6 yang berbasis Android 6.0 Marshmallow.

Di tahun 2016, sebenarnya ada dua jawara untuk smartphone selfie termasuk satu diantarnya lagi Oppo F1s. Secara spesifikasi pun hampir mirip, hanya saja Vivo V5 bisa kami bilang lebih unggul dengan menghadirkan sensor kamera yang lebih tinggi yaitu 20MP. Selain itu kapasitas RAM yang lebih besar 4GB juga patut diperhitungkan, serta performa yang lebih optimal.

Kelebihan:

+ Kamera selfie terbesar, 20MP

+ Kapasitas RAM besar 4GB

+ Dukungan chip audio Hi-Fi AK4376

 

Lenovo P1 Turbo – HONORABLE MENTION

Lenovo Vibe P1 Turbo - Honorable

Lenovo VIBE P1 Turbo memiliki layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD dengan dapur pacu yang dimotori SoC Qualcomm Snapdragon 615 (octa-core 1.5GHz + GPU Adreno 405), RAM 3GB, serta internal storage 32GB. Kamera utamanya beresolusi 13 megapixel dengan phase detection autofocus (PDAF) dan Dual-Tone LED Flash, serta kamera depan (selfie) sebesar 5 megapixel fixed-focus.

P1 Turbo juga memiliki sensor yang lengkap mulai dari accelerometer, proximity, compass, ambient light, gyroscope serta sensor fingerprint untuk sistem otentikasi. Untuk penggunaan sehari-hari smartphone ini sudah cukup baik.

Keunggulan utama dari smartphone yang satu ini tentu saja berurusan dengan baterai. Lenovo VIBE P1 Turbo ini dibekali dengan baterai Li-Po sebesar 5000mAh dan fitur Quick Charging 2.0, yang mana smartphone ini juga dilengkapi dengan aksesoris kabel OTG untuk mengisi daya smartphone atau perangkat gadget lain.

Berkat ketangguhannya untuk urusan baterai, kami memberikan predikat Honorable Mention kepada Lenovo P1 Turbo.

Kelebihan:

+ Baterai besar, 5000mAh

+ Performa  baik, cukup untuk kebutuhan sehari-hari

+ Bulit quality baik

 

Huawei P9 Lite – HONORABLE MENTION

Huawei P9 Lite - Honorable

Huawei memiliki spesifikasi antaralain layar 5,2 inci dengan resolusi Full HD, SoC Kirin 650 (Octa core Cortex A53 +GPU Mali-T830MP2. Untuk memori, P9 Lite dilengkapi dengan RAM 3GB dan Internal Storage 16GB  Sementara untuk urusan kamera, kamera utamnya  menggunakan sensor 13 MP dengan f/2.0 dan LED Flash. Sedangkan untuk kamera selfie, Huawei menggunakan sensor 8 MP dengan f/2.0.

Perangkat ini berjalan menggunakan sistem operasi Android Marshmallow dan UI EMUI 4.1, serta ditengagai dengan baterai berkapasitas 3000mAh. Huawei P9 tampaknya menjadi smartphone yang benar-benar menawarkan ‘kepraktisan’ kepada penggunanya. UI-nya terlihat fresh dan simple serta fungsional bagi pengguna yang tidak ingin bertele-tele saat menggunakan smartphone.

Apalagi untuk fitur fotografi, beberapa mode instant  bisa digunakan oleh pengguna untuk mengambil gambar layaknya seorang fotografi professional, seperti Pro Photo, Night Shot, Light Painting, Good Food, Panorama, Document Scan hingga Time lapse. Smartphone ini juga menjadi salah satu smartphone dengan delay shuter paling cepat, sehingga pengguna bisa mengabadikan gambar kapanpun, tanpa ada momen yang terlewat.

Secara desain, Huawei P9 Lite juga mengikuti DNA saudaranya, yaitu Huawei P9, yang punya desain elegan. Untuk pengguna yang suka smartphone yang sedikit anti mainstream, mungkin Huawei P9 bisa dijadikan pilihan. Karena berbagai hal itu, kami menganggap bahwa smartphone ini merupakan produk yang menarik yang layak mendapatkan Honorable Mention.

Kelebihan:

+ Desain cantik, dengan estetika yang orisinil

+ UI simple dan praktis

+ Respon cepat kamera dengan beragam fitur

 

Bila Anda mencari smartphone di rentang harga yang lain, Anda bisa melihat pilihan kami berikut ini:

Best Smartphone Rp. 1.5-2 Juta

Best Smartphone Rp. 2-3 Juta

Best Smartphone Rp. 6-8 Juta

: , , , , , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | July 11, 2017 | Comments

Android 7.1 Punya “Panic Detection Mode”

News | August 18, 2017 | Comments

ZenFone 4 Gunakan ZenUI 4.0!

News | July 7, 2017 | Comments

Nougat Kini Digunakan Oleh 10%+ Pengguna Android

News | July 5, 2017 | Comments

Gambar Case Smartphone Samsung Galaxy Note 8 Beredar