in: News | January 30, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Meredup di China, Apple Mulai Serius Garap India

Beberapa tahun terakhir ini, Apple selalu mendominasi pasar smartphone di China, salah satu pasar terbesar di dunia. Smartphone andalan mereka selalu berhasil jadi yang terbaik di penutupan tahun, dan membuat posisi perusahaan asal Amerika Serikat itu kuat di China. Namun, tahun 2016 lalu, Apple tidak lagi jadi yang terbaik di China dan hal itu membuat mereka mulai berpikir untuk serius menggarap pasar negara lain, India.

iphone-4

Kalah Melawan Produsen Lokal

Produk unggulan Apple untuk tahun 2016 lalu di China, iPhone 6s, disebut harus tunduk pada jagoan lokal. Smartphone yang disebut berhasil mencatatkan penjualan tertinggi di negara tersebut pada tahun 2016 lalu adalah Oppo R9, salah satu produk unggulan dari produsen lokal. Mereka juga masih harus menghadapi beberapa produsen ternama lain dari negara tersebut, termasuk Vivo dan Huawei.

Penjualan produk Apple sendiri memang menurun 22% di China untuk tahun 2016 lalu. Hasil itu tentu saja membuat posisi mereka sebagai penguasa pasar selama bertahun-tahun mulai dikejar oleh produsen lokal. Di tahun yang sama, Oppo disebut berhasil mencatatkan peningkatan 109%, disusul Vivo dengan 79%, serta Huawei di angka 21%.

Beralih ke India

Melihat hal ini, Apple tampaknya sudah mulai berpikir untuk makin serius menggarap pasar India. Setelah China, memang India dianggap sebagai salah satu pasar smartphone terbesar dunia. Oleh karena itu, wajar bila Apple ingin makin serius di negara tersebut bila mereka tidak ingin mengalami penurunan penjualan yang lebih buruk di pasar global untuk tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang.

:

COMMENTS