in: Wearables | January 10, 2017 | by: Irham

Review Gear IconX: Fitur Canggih Fitness Tracker dan Perangkat Audio

Gear Icon X merupakan aksesoris earphone yang baru diperkenalkan oleh Samsung di tahun 2016, bersama dengan aksesoris lain seperti Gear 360. Gear Icon X bukan hanya sebuah earphone dengan teknologi wireless biasa, namun earphone ini juga memiliki fungsi lain sebagai perangkat wearable yang dapat digunakan untuk melakukan tracking aktivitas kebugaran pengguna.

gear-iconx_gallery_open-case_blue

Fungsi audio bergabung dengan tracker fitness, tentu menjadi sebuah teknologi yang sangat kompleks dan canggih. Pastinya ekspektasi yang diharapkan oleh pengguna menjadi amat beragam, mulai dari fitur tracker, kenyamanan penggunaan hinggga kualitas audio yang ditawarkan.

Seperti apa kemampuan sesungguhnya dari Gear IconX, Untuk lebih jelasnya kami akan mengulas Gear IconX melalui review berikut ini.

Desain, Spesifikasi dan Kelengkapan

Gear IconX memiliki bentuk dua buah earbud wireless yang terpisah antara unit kanan dan kiri. Ukurannya terbilang mini yaitu 18.9 x 26.4 x 26.0 mm. Modul utamanya berbentuk segitiga dengan sudut tumpul dimana pada bagian belakangnya terdapat sensor yang berfungsi untuk mendetekasi aktivitas pengguna. Sementara itu permukaan datar yang ada di bagian depan berfungsi sebagai alat navigasi yang dapat dioperasikan dengan cara disentuh (touch pad). Unit yang kami review adalah varian berwarna putih

review-samsung-gear-iconx-4

Pada bagian sisinya di lapisi dengan karet penyangga, yang akan menahan earphone tersebut untuk pas di daun telinga pengguna. Karet penyangga (wingtip) dan karet bantalan earbud (eartip) dapat diganti sesuai ukuran yang pas bagi pengguna, yang mana karet tersebut telah tersedia pada paket penjualannya. Uniknya, earphone ini baru akan bisa terpasang di telinga pengguna saat ukuran yang dipilih benar-benar telah sesuai dengan ukuran terlinga pengguna. Jika tidak, maka earphone akan selalu terlepas.

gear-icon-x_ergonomic_design_visual

Pada bagian dalamnya terdapat konektor pogo yang berfungsi untuk konektivitas earbud pada sebuah wadah yang charger case. Ukuran charger case ini juga tidak begitu besar hanya berdimensi 35.3 x 30.3 x 92 mm. charger case tidak hanya berfungsi sebagai wadah untuk melakukan charging perangkat earphone, tetapi juga digunakan untuk mentransfer data ke earphone tersebut.

review-samsung-gear-iconx-2

Pada charger case ini terdapat dua buah lampu indikator, kanan dan kiri. Dimana lampu tersebut akan menyala dengan warna orange apabila earphone yang diletakan di dalamnya tidak dalam keadaan baterai full. Sedangkan apabila baterai sudah penuh, indikator akan berubah menjadi hijau. Wadah ini juga tak hanya bisa mengisi baterai saat terhubung dengan adaptor charger, tetapi juga saat tidak terkoneksi dengan adaptor. Karena charger case ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 300mAh.Sedangkan pada tiap earphone terpasang baterai sebesar 47mAh.

Earphone memiliki sensor Acceleration, Capacitive Touch dan Heart Rate Sensor untuk memantau aktivitas kebugaran pengguna. Gear IconX juga dilengkapi dengan internal memori sebesar 4GB, dimana pengguna bisa menyimpan hingga 1000 file audio/musik untuk di dengarkan tanpa harus tehubung dengan smartphone. Untuk konektivitasnya ke smartphone, perangkat ini dibekali receiver Bluetooth 4.1.

review-samsung-gear-iconx-3

Sistem audio dari Gear IconX juga terbilang canggih, karena perangkat ini dibekali dengan sistem Ambience sound, yang memungkinkan pengguna untuk tetap dapat mendengarkan suara dari luar. Ini tentunya menghindari resiko, apabila pengguna sedang beraktifitas diluar ruangan. Pada paket penjualannya terdapat unit earbud, charger case

review-samsung-gear-iconx-5

Secara desain, Gear IconX cukup menarik dan nyaman digunakan karena Samsung mendesain earphone ini benar-benar sebagai earphone ‘tanpa kabel.’ Bahkan dengan ukurannya yang sangat mini, perangkat ini juga telah memiliki berbagai fungsi dan komponen yang ada di dalamnya. Dengan pilihan karet penyangga dan eartip yang dapat disesuaikan dengan ukuran telinga pengguna, perangkat ini juga dapat digunakan secara aman tanpa khawatir terlepas saat digunakan. Gear IconX tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam putih dan biru.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | September 6, 2017 | Comments

Mi A1 Siap Meluncur Akhir September di Indonesia

News | November 6, 2017 | Comments

Huawei Nova 2i Resmi Hadir di Indonesia

News | October 4, 2017 | Comments

Oppo Juga Bakal Luncurkan Smartphone Layar Bezelless 18:9

Featured - News - Reviews | October 8, 2017 | Comments

Xiaomi Mi A1 vs Moto G5S Plus