Review Gear IconX: Fitur Canggih Fitness Tracker dan Perangkat Audio

Author
Irham
Reading time:
January 10, 2017

Gear Icon X merupakan aksesoris earphone yang baru diperkenalkan oleh Samsung di tahun 2016, bersama dengan aksesoris lain seperti Gear 360. Gear Icon X bukan hanya sebuah earphone dengan teknologi wireless biasa, namun earphone ini juga memiliki fungsi lain sebagai perangkat wearable yang dapat digunakan untuk melakukan tracking aktivitas kebugaran pengguna.

gear-iconx_gallery_open-case_blue

Fungsi audio bergabung dengan tracker fitness, tentu menjadi sebuah teknologi yang sangat kompleks dan canggih. Pastinya ekspektasi yang diharapkan oleh pengguna menjadi amat beragam, mulai dari fitur tracker, kenyamanan penggunaan hinggga kualitas audio yang ditawarkan.

Seperti apa kemampuan sesungguhnya dari Gear IconX, Untuk lebih jelasnya kami akan mengulas Gear IconX melalui review berikut ini.

Desain, Spesifikasi dan Kelengkapan

Gear IconX memiliki bentuk dua buah earbud wireless yang terpisah antara unit kanan dan kiri. Ukurannya terbilang mini yaitu 18.9 x 26.4 x 26.0 mm. Modul utamanya berbentuk segitiga dengan sudut tumpul dimana pada bagian belakangnya terdapat sensor yang berfungsi untuk mendetekasi aktivitas pengguna. Sementara itu permukaan datar yang ada di bagian depan berfungsi sebagai alat navigasi yang dapat dioperasikan dengan cara disentuh (touch pad). Unit yang kami review adalah varian berwarna putih

review-samsung-gear-iconx-4

Pada bagian sisinya di lapisi dengan karet penyangga, yang akan menahan earphone tersebut untuk pas di daun telinga pengguna. Karet penyangga (wingtip) dan karet bantalan earbud (eartip) dapat diganti sesuai ukuran yang pas bagi pengguna, yang mana karet tersebut telah tersedia pada paket penjualannya. Uniknya, earphone ini baru akan bisa terpasang di telinga pengguna saat ukuran yang dipilih benar-benar telah sesuai dengan ukuran terlinga pengguna. Jika tidak, maka earphone akan selalu terlepas.

gear-icon-x_ergonomic_design_visual

Pada bagian dalamnya terdapat konektor pogo yang berfungsi untuk konektivitas earbud pada sebuah wadah yang charger case. Ukuran charger case ini juga tidak begitu besar hanya berdimensi 35.3 x 30.3 x 92 mm. charger case tidak hanya berfungsi sebagai wadah untuk melakukan charging perangkat earphone, tetapi juga digunakan untuk mentransfer data ke earphone tersebut.

review-samsung-gear-iconx-2

Pada charger case ini terdapat dua buah lampu indikator, kanan dan kiri. Dimana lampu tersebut akan menyala dengan warna orange apabila earphone yang diletakan di dalamnya tidak dalam keadaan baterai full. Sedangkan apabila baterai sudah penuh, indikator akan berubah menjadi hijau. Wadah ini juga tak hanya bisa mengisi baterai saat terhubung dengan adaptor charger, tetapi juga saat tidak terkoneksi dengan adaptor. Karena charger case ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 300mAh.Sedangkan pada tiap earphone terpasang baterai sebesar 47mAh.

Earphone memiliki sensor Acceleration, Capacitive Touch dan Heart Rate Sensor untuk memantau aktivitas kebugaran pengguna. Gear IconX juga dilengkapi dengan internal memori sebesar 4GB, dimana pengguna bisa menyimpan hingga 1000 file audio/musik untuk di dengarkan tanpa harus tehubung dengan smartphone. Untuk konektivitasnya ke smartphone, perangkat ini dibekali receiver Bluetooth 4.1.

review-samsung-gear-iconx-3

Sistem audio dari Gear IconX juga terbilang canggih, karena perangkat ini dibekali dengan sistem Ambience sound, yang memungkinkan pengguna untuk tetap dapat mendengarkan suara dari luar. Ini tentunya menghindari resiko, apabila pengguna sedang beraktifitas diluar ruangan. Pada paket penjualannya terdapat unit earbud, charger case

review-samsung-gear-iconx-5

Secara desain, Gear IconX cukup menarik dan nyaman digunakan karena Samsung mendesain earphone ini benar-benar sebagai earphone ‘tanpa kabel.’ Bahkan dengan ukurannya yang sangat mini, perangkat ini juga telah memiliki berbagai fungsi dan komponen yang ada di dalamnya. Dengan pilihan karet penyangga dan eartip yang dapat disesuaikan dengan ukuran telinga pengguna, perangkat ini juga dapat digunakan secara aman tanpa khawatir terlepas saat digunakan. Gear IconX tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam putih dan biru.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…