Review Gear IconX: Fitur Canggih Fitness Tracker dan Perangkat Audio

Author
Irham
Reading time:
January 10, 2017

Using Experience & Audio Quality

Gear IconX menghadirkan sistem sentuh untuk pengoperasiannya, dimana terdapat tocuh-pad pada permukaan kedua earphonenya. Untuk penggunaannya cukup mudah, yaitu sentuh satu kali untuk memutar musik dan sentuh dua kali untuk pilih lagu berikutnya. Untuk menaikan dan menurunkan volume, pengguna cukup mengusap touch-pad keatas dan kebawah. Keatas untuk menaikan volume dan kebawah untuk menurunkan volume. Untuk memulai tracking aktivitas dan mendengarkan asisten suara, pengguna cukup menyentuh touch pad dengan waktu sekitar 3 detik. Kemudian juga diakhiri dengan menyentuh touch pad sekitar 3 detik. Asistan suara akan menyebutkan hasil record selama aktivitas berlangsung.

gear-iconx

Meskipun navigasinya mudah, hanya saja touch pad tersebut terbilang terlalu sensitive. Sering kali saat anda tak sengaja menyentuh earbud, tiba-tiba musik berhenti atau maju ke track berikutnya, dan lain sebagainya. Namun anda tak perlu khawatir jika menggunakan penutup kepala, karena navigasi hanya berjalan saat tersentuh oleh objek yang memiliki listrik statis seperti tangan pengguna.

Secara ergonomis, perangkat ini memang di desain untuk fit dan kokoh ditelinga pengguna. Sehingga saat beraktifitas gerak seperti berlari atau bersepeda, pengguna tak perlu khawatir terlepas. Perangkat ini juga aman dari cipratan air ataupun keringat pengguna. Hanya saja bentuknya yang mengharuskan untuk fit di telinga pengguna, menyebabkan telinga pengguna jadi cepat lelah saat menggunakannya.

review-samsung-gear-iconx-6

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada aplikasi Samsung Gear pengguna bisa menentukan mana yang menjadi earbud utama. Apabila earbud utama terlepas dari telinga pengguna, maka secara otomatis sambungan antara kedua earbud akan terputus. Biasanya pula, earbud utama akan lebih cepat kehabisan baterai dari pada earbud sekunder.

Untuk daya tahan baterai, Gear IconX  hanya memberikan waktu sekitar satu jam sebelum baterai pada earbud habis dan harus diisi ulang. Ukurannya yang sangat kecil,tentunya tidak bisa menampung kapasitas baterai yang besar. Baterai yang tersedia pada masing-masing earbud hanyalah 47mAH. Tapi apabila baterai pada earbud telah habis, pengguna bisa meletakannya kembali ke dalam power case untuk melakukan pengisian daya. Powercase bisa mengisi ulang daya pada earphone hingga kurang lebih 3-4 kali pengisian, tanpa terkoneksi dengan adaptor charger.

review-samsung-gear-iconx-7

Untuk konektivitas Bluetooth ke smartphone, sayangnya perangkat ini juga memberikan koneksi yang terbilang lemah. Bahkan dalam jarak kurang dari 10 meter saja, koneksinya kadang terputus. Saat memutar musik juga menjadi terganggu (patah-patah).

Sebagai perangkat wearable yang dihadirkan dalam bentuk earphone, Gear IconX harus memenuhi ekspektasi pengguna dalam kebutuhan audio. Dan hal tersebut akan menyangkut pada kualitas audio yang dimilikinya. Dan hal tersebut cukup baik dikembangkan oleh Samsung. Gear IconX memiliki karakter suara yang jernih dan memiliki clarity yang tinggi serta sound staging yang baik.

Untuk mendengarkan musik-musik bernuansa warm seperti musik unplugged, band, dan acoustic, perangkat ini memberikan performa yang cukup memuaskan. Namun untuk musik dengan nuansa bass yang penuh, perangkat ini masih kurang memadai. Kesan bass yang punchy belum bisa diakomodir melalui Gear IconX jika anda penggemar earphone dengan suara bass yang menonjol. Terutama bagi anda yang sering mendengarkan musik EDM saat beraktivtas.

Fitur Ambience Sound menjadi keunggulan yang sangat vital yang dihadirkan oleh Gear IconX. Fitur ini sangatlah penting, agar pengguna tetap aware dengan kondisi di sekitar terutama saat sedang beraktivitas olahraga di luar ruangan seperti berlari atau bersepeda. Fitur ini mengkatifkan microphone yang ada pada earbud, sehingga pengguna bisa mendengar suara dari luar. Suaranya akan terdengar seperti rekaman audio yang direkam menggunakan smartphone anda. Tentunya ini akan mempengaruhi kualitas audio dari musik yang anda putar, namun dapat menjaga keselamatan anda.

input-song-gear-iconx

Gear IconX telah memiliki built-in MP3 Player yang dapat memuat hingga kurang lebih 1000 lagu. Apabila tidak terhubung dengan smartphone, pengguna bisa memutar musik yang tersimpan pada earphone Gear IconX secara default. Beberapa format audio yang didukung pada built-in MP3 Player ini antara lain seperti MP3, WAV, v9, AAC dan M4A.

Sementara untuk penggunaan sebagai fitness tracker, fungsi dari Gear IconX semuanya terhubung dengan aplikasi S Health. Berbeda dengan Gear Fit 2 yang dapat menampilkan informasi secara langsung melalui layar, Gear  IconX hanya menyebutkan melalui asisten suara seperti jumlah langkah dan. Sedangakan melalui aplikasi S Health, pengguna bisa memantau  berbagai hal termasuk jumlah langkah, denyut jantung, dan lain sebagainya.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Pengoperasian Nah untuk pengoperasian, biasanya pengguna akan mulai dengan mengoperasikan…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Spesifikasi SoC: Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Ya, smartphone ini…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Spesifikasi Internal Snapdragon 8 Gen 3 (4 nm TSMC) RAM…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Spesifikasi SoC: MediaTek Helio G99 Ultimate Untuk yang bertanya-tanya, ini…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Kesimpulan Secara keseluruhan, Nothing CMF Buds Pro memberikan pengalaman audio…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Pengalaman Penggunaan Razer Kishi V2 membutuhkan aplikasi tambahan yang disebut…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Pengujian Wireless Charging Kita tes powerbank ini dengan iPhone 13…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…