in: Reviews | February 6, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Review Smartphone Android Moto Z Play

Kamera

Moto Z Play - 05

Moto Z Play hadir dengan kamera utama 16 MP dan kamera selfie 5 MP. Fitur yang ditawarkan oleh Lenovo untuk kamera di smartphone ini sama dengan yang mereka tawarkan di Moto Z, di mana kamera utama menawarkan mode “Photo”, “Panorama”, dan “Professional” untuk foto, serta “Video” dan “Slow Motion” untuk video. Kamera selfie untuk smartphone ini juga menawarkan fitur serupa, tanpa mode “Panorama”.

Lenovo hanya menyediakan sedikit sekali opsi pengaturan untuk kamera utama dan kamera selfie di smartphone ini, di mana pengguna hanya bisa mengubah resolusi foto dan video, serta mengaktif-nonaktifkan mode HDR, timer, dan flash. Terdapat mode tambahan, yaitu Night Mode, yang akan aktif secara otomatis saat smartphone mendeteksi pengguna akan mengambil foto di tempat yang agak kurang cahaya. Hal ini mungkin saja akan membantu pengguna, terutama yang menyukai konfigurasi kamera yang benar-benar otomatis dari smartphone mereka. Sementara untuk pengguna yang cukup mengerti dasar-dasar fotografi, mode “Professional” bisa menawarkan opsi pengaturan lebih untuk mendapatkan hasil foto lebih sesuai dengan yang diinginkan. Mode ini menawarkan konfigurasi manual untuk exposure, ISO, shutter speed, white balance, dan focus.

Sayangnya, tidak ada tawaran mode pemotretan yang bisa membantu pengguna mendapatkan hasil foto dengan efek-efek menarik, seperti yang umum ditawarkan di smartphone masa kini. Mode tambahan yang tersedia hanyalah “Panorama” yang bisa digunakan untuk kamera utama. Mode “Panorama” di smartphone ini dioperasikan dengan cara menggerakkan smartphone sesuai dengan arah yang diinstruksikan oleh smartphone, dengan area yang agak terbatas.

Hasil Foto Kamera Utama

HDR Off

HDR On

Hasil Foto Kamera Selfie

Hasil foto dari kamera di Moto Z Play ini terbilang baik untuk kelasnya, dengan komposisi warna dan detail yang baik. Untuk detail foto, di kondisi lingkungan yang terang, detail foto yang bisa dihasilkan termasuk baik, sesuai dengan sensor 16 MP yang diusungnya. Detail akan sedikit berkurang di lingkungan dengan cahaya yang kurang. Sementara untuk kamera selfie, detail yang dihasilkan terbilang standar untuk sensor 5 MP. Selain itu, untuk pengambilan gambar di kondisi minim cahaya, akan ada terasa lagging saat mengambil foto. Sehingga pengguna perlu sedikit ‘menunggu’ saat mengambil gambar, agar tidak terjadi blur.

Sama seperti Moto Z, bila pengguna merasa hasil foto Moto Z Play masih kurang, pengguna punya opsi untuk menambahkan Moto Mods Hasselblad True Zoom yang menawarkan lensa zoom ~10x dan xenon flash.

Baterai

Salah satu hal yang menjadi “kompensasi” dari ketebalan bodi Moto Z Play yang menjadi 1.7 mm lebih tebal dari Moto Z adalah baterai dengan kapasitas lebih besar yang ditawarkan Lenovo di smartphone ini. Di Moto Z Play, baterai yang digunakan mengusung rating kapasitas 3510 mAh, 910 mAh lebih tinggi dari Moto Z. Dikombinasikan dengan SoC Snapdragon 625 yang hemat daya, baterai besar ini bisa jadi akan jadi salah satu senjata paling mematikan dari smartphone ini. Benarkah?

Battery Test Video - SS R

Kami menguji smartphone ini dengan menjalankan video 720p yang diputar di MX Player secara terus menerus, dari baterai 100% hingga 0%, dan mencatat penggunaan baterai di smartphone ini. Hasilnya, Moto Z Play bisa bertahan hingga hampir satu hari penuh, tepatnya 23 jam 37 menit! Daya tahan baterai dari smartphone ini bisa dikatakan luar biasa!

Berikut ini grafik perbandingan daya tahan baterai untuk Moto Z Play bila dibandingkan dengan beberapa smartphone kelas menengah lain yang pernah kami uji, yang kami anggap memiliki daya tahan baterai yang baik:

Battery Test Video - SS RX

 

Kami juga menguji pengisian ulang daya smartphone ini dengan menggunakan charger yang disertakan di paket pengujian. Lenovo menyebutkan bahwa smartphone ini dilengkapi dengan dukungan untuk TurboPower, fitur pengisian ulang daya cepat untuk lini Moto. Seberapa cepat fitur ini bisa mendukung pengisian ulang daya cepat di Moto Z Play?

Battery Charging - SS R

Berdasarkan pengujian kami, dengan memanfaatkan charger bawaan dari paket penjualan Moto Z Play, smartphone ini bisa diisi ulang dari sisa baterai 3% ke 100% dalam waktu 1 jam 39 menit. Untuk smartphone dengan baterai 3510 mAh, waktu pengisian ulang daya baterai ini bisa dikatakan cukup cepat. Hanya dengan pengisian ulang baterai dalam waktu singkat, smartphone ini bisa digunakan dalam waktu yang panjang.

Moto Z Play - 29

Satu hal yang perlu diingat, sebagai keluarga Moto Z, smartphone ini juga mendukung penggunaan Moto Mods Incipio offGRID Power Pack, yang bisa menambah masa penggunaan smartphone ini. Namun, satu hal yang perlu diingat, karena kapasitas baterai internal Moto Z Play berbeda dari Moto Z, aksesori ini tidak akan bisa menambah daya baterai hingga 60% seperti di Moto Z. Peningkatan masa pakai yang ditawarkan di Moto Z Play oleh aksesori ini tentunya akan lebih rendah, karena masa pakai smartphone ini sendiri dalam sekali isi ulang penuh sudah sangat panjang.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | January 30, 2017 | Comments

Kabar Spesifikasi Oppo Find 9 Kembali Muncul

News | January 27, 2017 | Comments

Sony Siapkan 5 Smartphone Baru untuk MWC 2017

News | January 28, 2017 | Comments

Moto Z (2017) Gunakan Iris Scanner?

News | December 20, 2016 | Comments

LeEco dan Coolpad Hadirkan Smartphone Premium “Cool” Baru