in: News | February 23, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Spesifikasi SoC Premium Xiaomi: Menarik!

Beberapa minggu terakhir ini, kabar terkait SoC besutan Xiaomi terus bermunculan. Xiaomi memang disebut tengah menyiapkan dua buah SoC yang akan digunakan untuk produk-produk mereka, satu untuk kelas high-end, satu lagi untuk kelas menengah. Kini, sebuah kabar terbaru terkait spesifikasi dua SoC “Pinecone” itu kembali muncul.

Xiaomi Pinecone

Pinecone V970: SoC High End yang Menarik

Kabar yang beredar terkait Pinecone V970 menunjukkan bahwa SoC itu punya potensi besar jadi SoC high-end yang menarik. Pinecone V970 akan dibekali dengan prosesor octa core, dengan konfigurasi 4x Cortex A73 dan 4x Cortex A53. Sementara dari sisi GPU, Xiaomi akan menggunakan Mali-G71 dengan konfigurasi MP12.

Konfigurasi ini mirip dengan yang digunakan Huawei di Kirin 960, tetapi bisa jadi punya potensi lebih untuk clock yang lebih tinggi karena fabrikasi 10 nm yang digunakan. Bila Xiaomi bisa mengoptimasi penggunaan SoC tersebut, bukan tidak mungkin SoC itu akan menawarkan performa yang sangat tinggi. Kirin 960, dengan spesifikasi yang sedikit di bawah Pinecone V970, saat ini sudah dipandang sebagai SoC kencang yang sangat menarik.

Pinecone V670: Tidak Semenarik Kakaknya

Sayangnya, untuk SoC kelas menengah Xiaomi, Pinecone V670, spesifikasi yang ditawarkan terlihat tidak semenarik kakaknya. SoC itu hanya menggunakan fabrikasi 28 nm, yang seharusnya sudah ditinggalkan untuk SoC era saat ini. SoC tersebut disebut akan mengusung prosesor octa core dengan konfigurasi 8x Cortex A53 dengan GPU Mali-T860 MP2.

: ,

COMMENTS