in: News | March 24, 2017 | by: Gunawan

Google Umumkan Smartphone Android “Teraman” Tahun Lalu

Celah keamanan biasanya menjadi masalah tersendiri bagi sebuah sistem operasi dan produsen sistem operasi biasanya rutin merilis update yang memperbaiki masalah tersebut. Google pun, sebagai pengembang Android, rutin merilis update untuk memperbaiki celah keamanan di sistem operasi itu. Sayangnya, tidak semua produsen smartphone mau mengadopsi update dengan cepat. Beberapa waktu lalu, Google merilis daftar smartphone Android yang bisa dikatakan “teraman” di tahun 2016 lalu, yang paling banyak mendapatkan update keamanan dari produsen.

Android Security

Smartphone Android “Teraman” 2016

Berdasarkan informasi dari Google, smartphone yang disebut paling banyak mendapatkan update keamanan sepanjang tahun 2016 adalah Moto Z Droid, Oppo A33W, Nexus 6P, Nexus 5X, Nexus 6, OnePlus 3, Samsung Galaxy S7, Asus Zenfone 3, bq Aquarius M5, Nexus 5, Vivo V3Max, LG V20, dan Sony Xperia X Compact. Selain itu, tentunya, ada dua smartphone besutan Google sendiri, yaitu Pixel dan Pixel XL, yang rutin mendapatkan update keamanan. Smartphone yang ada di dalam daftar tersebut seharusnya menjadi yang teraman karena semua lubang keamanan yang ditemukan telah ditutup oleh update keamanan.

Masih Banyak Masalah di Bidang Keamanan

Sejauh ini, Google memang masih memiliki banyak masalah terkait keamanan di Android. Salah satu penyebabnya adalah masih rendahnya tingkat adopsi update keamanan oleh produsen, yang membuat update tidak bisa diterima pengguna smartphone Android. Ke depan, Google tampaknya ingin memperbaiki hal ini.

: ,

COMMENTS