Preview Performa & Hasil Foto Smartphone Huawei P10

Author
Dedy Irvan
Reading time:
March 20, 2017

Di MWC (Mobile World Congress) 2017 lalu (di Barcelona, Spanyol), kami sempat berkenalan dengan salah satu smartphone terbaru besutan dari Huawei, yaitu P10. Smartphone ini merupakan produk flagship mereka yang ditujukan untuk awal tahun 2017 ini, dan hadir dengan mengusung SoC Kirin 960. Satu hal menarik, kami sempat mencoba mengintip performa dan hasil foto dari Huawei P10 tersebut!

Huawei P10

Hasil Foto

Karena tidak berkesempatan mengikuti press conference peluncuruan Huawei P10, kami tidak memiliki kesempatan cukup lama untuk mencoba smartphone yang satu ini. Secara total, kami hanya menggunakan waktu sekitar 30 menit untuk mencobanya. Separuh waktu dilakukan di siang hari, separuh lainnya di malam hari. Kedua kesempatan tersebut diperoleh selama di Barcelona. Cukup uniknya, kami menemukan sebuah menu yang sangat kami harapkan hadir di P9 dan Mate 9.

Foto-foto ini tidak dapat digunakan untuk kebutuhan lain (baik pribadi maupun komersial) tanpa seijin pemilikinya, yaitu Dedy Irvan dan PT Jagat Genta Teknologi.
These photos can not be used for other needs (personal and/or commercial) without the permission of their owners, Dedy Irvan and PT Jagat Genta Teknologi

Foto-foto di bawah ini (kecuali yang berisi menu kamera) bisa di-klik untuk melihat dalam ukuran aslinya.

Siang Hari – Warna

Di siang hari, kami tidak banyak memperoleh kesempatan, karena ini adalah pertama kalinya kami mencoba P10. Ketiga foto di bawah ini diambil tanpa menggunakan mode “bokeh” yang umum bisa diperoleh dari perpaduan 2 lensa. Dalam pengujian singkat ini kami melihat bahwa warna cenderung “hangat”. Akan tetapi, warna-warna lain pun hadir dengan cukup baik.

Siang Hari – B/W: Ini dia bedanya!

Oke, foto black and white dengan Huawei seri P9 pun sudah luar biasa hebat. Kali ini, kami pun memperoleh hasil yang lebih hebat lagi. Tentu saja, karena resolusi sekarang lebih tinggi. Semua foto dapat dibuat dengan sangat cepat, sama dengan P9. Jadi kami tidak merasa terkejut.

 

 

Hal yang paling terasa berbeda bagi kami adalah AKHIRNYA, dalam mode MONOCHROME, kita bisa memperoleh efek blur atau efek “bokeh”. Ini tidak dimiliki oleh Huawei P9 dan bahkan Mate 9. Dengan tuning yang tepat, foto-foto black and white Anda bisa hadir seakan menggunakan DSLR sejati. Tentu saja, tidak akan bisa bersaing secara langsung. Akan tetapi, ini adalah pendekatan yang sangat baik.

Huawei P10 - Monochrome_R
Untuk pertama kalinya kami melihat dalam mode Monochrome, ada opsi untuk pengaturan bokeh (atas)

 

Huawei P10 - Wide Aperture Effect
Foto ini dibuat dengan mode monochrome (BW) dan wide aperture effect (bokeh). Pengaturan bokeh bisa dilakukan setelah pemotretan dilakukan.

 

Malam Hari – Warna

Oke, sekarang saatnya kita membawa P10 ini ke situasi malam hari. Semua foto ini dibuat di daerah La Ramblas, Barcelona. Foto pertama adalah satu-satunya foto selfie yang sempat kami buat (nyaris lupa). Memang, kami belum sempat menguji fitur bokeh dan beauty. Akan tetapi, terasa dengan jelas bahwa foto selfie ini lebih terang, karena didukung bukaan yang lebih lebar. Selain itu, sekilas warna dari hasil foto selfie ini memang terlihat lebih baik. Tak heran jika Huawei menyatakan bahwa bahkan kamera selfie pun sekarang di-tune oleh Leica.

Sementara, foto kedua adalah foto dari luar sebuah restoran Tapas. Tampak bahwa meski ISO sudah naik, warna masih bisa direproduksi cukup baik juga. Patut diingat bahwa P10 ini sudah memiliki OIS. Jadi hasil foto di dalam kondisi gelap menjadi lebih tinggi tingkat keberhasilannya dibandingkan P9 terdahulu.

Malam Hari – B/W

Nah ini dia saatnya di mana P10 berjaya. Foto hitam-putih di malam hari, terutama dalam bentuk street photography seperti ini adalah saat di mana sensor hitam-putih 20 MP pada P10 menampilkan keunggulannya. Dalam pemotretan ini, kami tidak menggunakan tripod sama sekali.

Hasil pengujian di malam hari menyuguhkan foto-foto yang dramatis akibat rendition hitam-putih yang artistik. Sisi gelap selalu masih memiliki detail, dan sisi terang pun sarat detail. Tak heran bukan, jika dalam waktu hanya 15 menit kami rasanya ingin hanya memotret dalam hitam-putih saja.

Kesimpulan Awal Hasil Foto: Peningkatan yang Signifikan!

Kemampuan kamera P10 diperbaiki, seakan dengan mendengarkan masukan dari para pengguna P9. Kemampuan autofokus bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan P9 (sama-sama baiknya). Sayangnya, kami belum berkesempatan mencoba kemampuan kamera videonya. Jadi sejauh ini, yang peningkatan signifikan yang kami rasakan adalah:

  • Resolusi lebih tinggi (setidaknya pada sisi sensor hitam-putih)
  • OIS (Optical Image Stabilizer)
  • Fitur bokeh dalam mode Monochrome (BW)
  • Bukaan lebih lebar untuk kamera selfie (f/1.9)
  • Hasil foto kamera selfie sekarang juga di-tune oleh Leica

Oke, hasil foto sementara sudah kami tampilkan. Jangan lupa untuk klik langsung foto yang kami tampilkan untuk melihatnya dalam ukuran aslinya ya.
Nah, di halaman selanjutnya, temukan hasil benchmark sementara dari Huawei P10 ini ya. Lengkap dengan perbandingannya ke smartphone kelas atas lainnya.

 

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…