in: News | March 20, 2017 | by: Dedy Irvan

Preview Performa & Hasil Foto Smartphone Huawei P10

Uji Performa Singkat

Setelah menguji hasil kamera, tentu saja kami “gatal” mencoba performanya. Sayangnya, tidak semua aplikasi benchmark bisa kami ujikan dalam waktu yang singkat.

Berikut ini spesifikasi singkat dari Huawei P10:

Produk Huawei P10
Layar 5.1” IPS-NEO Full HD (1920 x 1080 piksel)
SoC/Processor Kirin 960, 16 nm
Octa Core CPU (4x Cortex A73 2.4 GHz & 4x Cortex A53 1.8 GHz)
GPU Mali-G71 MP8
Memory/Storage 4 GB/64 GB
Baterai 3200 mAh
Konektivitas Dual-SIM Nano, 2G/3G/4G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi hotspot, Bluetooth 4.2
Kamera Kamera belakang: Dual 20 MP + 12 MP, PDAF, Laser AF, OIS Dual LED Flash
Kamera selfie: 8 MP f/1.9
Sistem Operasi Android 7.0 “Nougat”

Dalam waktu yang singkat, kami berkesempatan menguji Geekbench 3, 3DMark, dan PCMark. Rasanya beberapa benchmark ini cukup untuk menggambarkan performa P10 di awal kehadirannya.

Sebagai catatan, perlu diingat bahwa Huawei P10 yang kami uji ini bukan versi resmi yang beredar di Indonesia. Masih terbuka kemungkinan ada perubahan skor akibat update software terkini.

 

Geekbench 3

GeekBench 3 merupakan benchmark cross platform yang mengukur kinerja prosesor sebuah perangkat smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini menggunakan skenario simulasi real world sehingga mampu menganalisa performa sebuah prosesor saat menggunakan single core atau multi core. Semakin tinggi nilainya, semakin baik.

SS - G3_R

Graph - G3SR_R

Graph - G3MR_R

 

3DMark Ice Storm Unlimited

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari sistem pada sebuah smarpthone Android dalam menangani pemrosesan grafis. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan proses grafis.

SS - 3DMISU_R

Graph - 3DMISUR_R

 

PCMark Work

Aplikasi benchmark ini mengukur performa dan umur baterai pada smartphone maupun tablet Android, lewat pengujian yang berbasis aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh user, bukan algoritma yang bersifat abstrak. Skor yang dihasilkan diklaim mampu mencerminkan performa sesungguhnya dari perangkat tersebut.

SS - PCMW_R

Graph - PCMWR_R

 

Performa yang ditawarkan oleh Huawei P10 dengan Kirin 960 terlihat sangat menarik, dan bisa dikategorikan tinggi. Kirin 960 menawarkan prosesor dengan performa tinggi, yang terbukti dengan skor Geekbench 3, baik single core maupun multi core yang tinggi. PCMark Work pun juga menunjukkan hal serupa.

Sementara untuk pengolahan grafis, Huawei P10 terlihat jauh lebih baik dari pendahulunya, Huawei P9. Hal ini disebabkan karena Kirin 960 mengusung GPU Mali-G71 MP8 yang terbukti bisa menawarkan performa yang terbilang baik untuk SoC kelas atas era saat ini. Secara keseluruhan, performa yang ditawarkan oleh Huawei P10 bisa dikatakan merupakan salah satu yang terbaik saat ini.

 

Kesimpulan Sementara: Sangat Menarik!

Kemampuan kamera meningkat cukup jauh dibandingkan P9. Bahkan ada menu yang tidak tersedia di Mate 9 Pro (BW + bokeh). Performa tertinggi di jajaran smartphone Huawei, membuatnya bahkan bersaing dengan Mate 9 Pro dan beberapa smartphone kelas atas lainnya. Semua ini membuat P10 hadir sangat menarik. Tentu saja, ini baru kesimpulan awal, dari hasil pengujian singkat kami. Hal yang lebih menarik lagi adalah, jika smartphone ini hadir ke Indonesia.

Daftar Isi
Pages: 1 2
: , , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | January 25, 2017 | Comments

Mobilnya Ditabrak, Pria Ini Malah Tuntut Apple!

News | February 3, 2017 | Comments

Model Tablet Misterius Samsung Terungkap di Sertifikasi Wi-Fi

News | February 28, 2017 | Comments

Ponsel 4G Murah Segera Hadir di Indonesia

News | January 30, 2017 | Comments

Kabar Spesifikasi Oppo Find 9 Kembali Muncul