in: News | March 20, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Qualcomm Perkenalkan SoC untuk Hape 4G Murah

Melihat tren jaringan 4G yang akan dipandang sebagai jaringan utama untuk perluasan jangkauan telekomunikasi dalam waktu dekat ini, Qualcomm menawarkan SoC yang akan membantu produsen ponsel untuk memproduksi ponsel 4G murah. SoC itu adalah Qualcomm 205. SoC ini diperkenalkan di sebuah acara yang digelar di New Delhi, India.

qualcomm-chip

Fokus ke Segmen Entry-Level

SoC Qualcomm 205 ini ditujukan untuk segmen entry-level, di bawah yang sudah dijangkau oleh Snapdragon 210. Jadi, SoC ini seharusnya akan hadir di ponsel dengan harga yang sangat murah, kemungkinan besar berupa feature phone, yang diproduksi massal dalam volume besar. SoC ini sudah dilengkapi dengan modem X5 LTE yang memungkinkan akses Internet 4G LTE Cat. 4 dengan dukungan VoLTE dan Vo-WiFi.

205 ini mengusung prosesor dual core Cortex A7 di kecepatan 1.1 GHz, dengan GPU Adreno 304. Karena ditujukan untuk segmen ponsel yang sangat terjangkau, Qualcomm membatasi penggunaan kamera hanya 3 MP untuk kamera utama dan 0.3 MP untuk kamera selfie. Layar yang didukung oleh SoC ini hanya hingga resolusi 480p, dengan dukungan untuk streaming video hingga 720p.

Mudah Hadirkan Ponsel 4G Murah

IQ100 - 01
IQ100 kemungkinan bisa hadir di pasar dengan SoC baru ini.

Qualcomm juga menyebutkan bahwa desain SoC ini kompatibel dengan pin yang digunakan untuk Snapdragon 210. Hal ini tentunya akan mempermudah produsen untuk menghadirkan ponsel yang mengusung SoC ini tanpa harus mendesain dari awal, memanfaatkan desain berbasis Snapdragon 210 yang sudah ada. Bisa jadi, produk dengan SoC ini akan hadir dalam waktu dekat, termasuk di Indonesia.

: , ,

COMMENTS