in: News | March 21, 2017 | by: Irham

Samsung Kenalkan Bixby, Asisten Suara Untuk Galaxy S8 & S8+

Samsung-Galaxy-S8-Press-Render-2

Asistant suara menjadi fitur canggih yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan teknologi saat ini. Seperti Apple yang memiliki Asistant suara Siri di untuk platform iOS, Cortana di platform Microsoft, dan juga Google Assistant di Android.

Dan kini  Samsung secara resmi mengumumkan assistant suara kembangan mereka sendiri, yaitu Bixby. Dimana Bixby tengah dipersiapkanSamsung untuk smartphone terbaru mereka yaitu Galaxy S8 dan Galaxy S8+.

Seperti yang dijelaskan oleh InJong Rhee selaku Executive Vice President and Head of R&D, Software and Services Samsung, Bixby memiliki pengalaman berbeda dari berbagai asisten suara yang ada saat ini. Bixby dikembangkan dengan tiga pengalaman utama yaitu “Completeness,” “ Context Awareness” dan “Cognitive Tolerance.”

Completeness mengacu pada fitur asistan suara yang mampu mengerjakan hampir semua aktivitas yang biasa dilakukan oleh pengguna melalui layar sentuh pada saat menjalankan aplikasi. Namun tentunya pengguna hanya  bisa memanfaatkan assistan suara  ini di semua aplikasi yang mendukung Bixby.

Context Awareness, atau kesadaran konteks yaitu Bixby akan selalu ‘siap sedia’ kapan pun ia di panggil. Dan Bixby akan mampu mengerti, apa yang sedang dijalankan oleh pengguna. Sehingga Bixby dapat membantu pengguna untuk  mengerjakan aktivitas yang biasa dilakukan pengguna saat suatu aplikasi dijalankan.

Cognitive Tolerance, atau toleransi kognitif dimana Bixby mampu mengetahui dan mentoleransi apa bila ada kekurangan dari informasi pada perintah yang diberikan oleh pengguna. Bixby bisa mengeksekusi perintah berdasarkan inisiatif, atau jika Bixby belum dapat mengambil keputusan, Bixby akan menanyakan beberapa informasi tambahan.

Samsung menjanjikan bahwa Bixby akan membuat interaksi pengguna dengan smartphone menjadi layaknya asistan sungguhan. Sehingga pengguna juga tidak perlu banyak berinteraksi menggunakan jari di layar.

Namun saat ini baru beberapa aplikasi pre-install yang akan tersedia di Galaxy S8 & S8+ yang mendukung Bixby. Tentunya diharapkan dukungan Bixby akan bisa tersedia ke lebih banyak aplikasi, terutama aplikasi penting yang tidak tersedia secara pre install.

 

 

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | January 29, 2017 | Comments

BlackBerry Akan Luncurkan Ponsel Selain Mercury di MWC 2017

News | December 28, 2016 | Comments

Bocoran Desain LG G6: Tidak Modular

News | February 26, 2017 | Comments

Lenovo Siap Umumkan Moto G5 do MWC 2017

News | March 2, 2017 | Comments

Harga BlackBerry KEYOne Bocor di India