in: News | April 26, 2017 | by: Friska

Lagi, Facebook Live Disalahgunakan sebagai Media Pembunuhan

facebook live

Dengan perkembangan media sosial yang kini sudah bisa melakukan lie streaming video untuk menunjukkan sesuatu hal yang menarik kepada para penontonnya, tak jarang juga fitur ini justru disalahgunakan untuk memperlihatkan proses pembunuhan atau bunuh diri secara langsung.

Lagi, terdapat seorang pria dari Thailand bernama Wuttisan Wongtalay yang melakukan live streaming melalui Facebook Live dengan memperlihatkan bagaimana dirinya membunuh anak perempuannya sendiri yang masih berusia sekitar 11 bulan secara langsung. Aksi brutal tersebut menunjukkan bagaimana sang pria mencekik kemudian membiarkan anaknya tergantung di sisi bangunan tinggi.

Proses Facebook Live pun berhenti ketika si anak diduga telah meninggal, tetapi pihak kepolisian mengatakan bahwa sang pelaku kemudian bunuh diri selepas melakukan aksi sadisnya tersebut terhadap anaknya.

Jiranuch Tritat, ibu dari anak bayi berusia 11 bulan yang dibunuh oleh ayahnya sendiri dan prosesnya disebarkan melalui Facebook Live, berdiri di sebelah foto sang anak di kuil di Phuket. Thailand April 25, 2017. Photo by REUTERS/Sooppharoek Teepapan
Jiranuch Tritat, ibu dari anak bayi berusia 11 bulan yang dibunuh oleh ayahnya sendiri dan prosesnya disebarkan melalui Facebook Live, berdiri di sebelah foto sang anak di kuil di Phuket. Thailand April 25, 2017. Photo by REUTERS/Sooppharoek Teepapan

Para penonton yang menyaksikan Facebook Live tersebut masih bisa mengakses video rekamannya selama kurang lebih 24 jam, sebelum video yang bersangkutan akhirnya diturunkan dan tak lagi bisa diakses oleh siapapun.

Ini bukan pertama kalinya Facebook Live digunakan untuk merekam proses aksi brutal. Sebelum ini, ada seorang remaja yang melakukan aksi bunuh diri melalui Facebook Live, juga sempat ada video pemerkosaan direkam menggunakan Facebook Live. Dari pihak Facebook sendiri, mereka merasa harus lebih ketat dalam mendeteksi dan menghapus konten-konten video live yang terlalu brutal seperti ini. Tapi bagaimana pun juga, pihaknya juga butuh memikirkan solusi untuk mencegah para pengguna Facebook Live menggunakan fitur tersebut untuk hal-hal yang tak diinginkan tersebut.

: ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | October 10, 2017 | Comments

Samsung Galaxy S9 Dipastikan Gunakan Snapdragon 845

News | November 2, 2017 | Comments

LG Luncurkan Tablet LG G Pad F2 8.0

News | October 4, 2017 | Comments

Oppo Juga Bakal Luncurkan Smartphone Layar Bezelless 18:9

News | November 13, 2017 | Comments

Samsung Siap Luncurkan Galaxy J3 (2018)?