in: News | May 3, 2017 | by: Yufianto Gunawan

ARM Perkenalkan Display Processor Mali-Cetus

Perusahaan semikonduktor ternama, ARM, baru saja memperkenalkan produk baru yang disebut sebagai Mali-Cetus. Mali-Cetus adalah sebuah display processor baru, yang menjadi penerus dari lini Mali DP Series yang selama beberapa tahun ini menjadi andalan mereka. ARM menyebutkan bahwa display processor baru ini menggunakan arsitektur yang sesuai untuk kebutuhan di perangkat mobile generasi berikutnya.

ARM Chip

Bukan GPU, Tapi Display Processor

Mali-Cetus ini bukan sebuah GPU, tapi display processor yang berfungsi sebagai co-processor di SoC, mendampingi CPU dan GPU. Salah satu fokus dari penggunaan display processor ini adalah efisiensi daya. ARM menyebutkan bahwa display processor akan membantu memperingan beban kerja CPU dan GPU untuk beberapa hal, termasuk dalam pengaturan komposisi tampilan di layar.

Fokus ke Kebutuhan Generasi Berikutnya

Berbeda dari lini Mali DP Series, Mali-Cetus ini dibekali kemampuan yang membuatnya lebih sesuai dengan kebutuhan generasi berikutnya. Salah satu hal yang membedakan Mali-Cetus dengan pendahulunya adalah dukungan untuk kebutuhan tampilan 4K 90 fps untuk VR. Selain itu, terdapat juga dukungan untuk komposisi kebutuhan tampilan saat ini, termasuk HDR10.

ARM juga menyebutkan bahwa berbagai hal yang didukung oleh Mali-Cetus didesain dengan fokus sistem operasi Android. Jadi, berbagai hal tersebut akan bisa dinikmati dengan memanfaatkan kemampuan yang diusung sistem operasi Android. Mali-Cetus ini diharapkan akan banyak diadopsi oleh produsen SoC, dengan fokus untuk menghasilkan SoC berkemampuan tinggi yang hemat daya untuk kebutuhan pengolahan komposisi dan tampilan generasi berikutnya.

:

COMMENTS