in: News | May 16, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Netflix Blokir Smartphone dengan Android “Root”

Penyedia layanan video on demand ternama, Netflix, disebut mulai melakukan blokir terhadap pengguna Android “root”. Aplikasi Netflix di Play Store disebut tidak lagi bisa didownload oleh pengguna perangkat Android yang melakukan praktik root untuk perangkat mereka. Hal ini mulai terjadi beberapa hari lalu, saat Netflix menghadirkan versi terbaru aplikasi mereka, yaitu versi 5.0.

netflix-vr

Gunakan DRM Widevine dari Google

Netflix menyebutkan bahwa mereka kini menggunakan DRM Widevine dari Google untuk aplikasi mereka. Hal itu membuat aplikasi hanya bisa digunakan di perangkat yang dijalankan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Google, termasuk tidak di-root. Aplikasi Netflix tidak akan muncul di Play Store yang ada di perangkat yang di-root.

Beberapa pengguna Android yang di-root disebut memang tidak dapat menemukan aplikasi Netflix di Play Store. Bila mereka membuka link aplikasi, informasi bahwa aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat yang digunakan muncul. Semula beberapa orang menganggap hal ini adalah bug di aplikasi Netflix, tetapi dari penjelasan Netflix sendiri, hal ini tampaknya dipengaruhi oleh penggunaan DRM Widevine tersebut.

Tidak Berlaku untuk Aplikasi yang Telah Terinstall

Menariknya, blokir ini tampaknya tidak berlaku untuk pengguna perangkat yang di-root yang telah menginstall aplikasi Netflix. Netflix disebut tetap berjalan normal di perangkat yang telah di-root bila instalasi dilakukan sebelum update ke versi 5.0. Hal ini mungkin bisa dijadikan celah untuk pengguna perangkat yang di-root mendapatkan akses ke Netflix.

: , ,

COMMENTS