Review Singkat Mi 6: Fully Performance!

Author
Irham
Reading time:
May 25, 2017

Beruntung kali ini kami sempat mengulik sedikit tentang smartphone flagship terbaru dari Xiaomi yaitu Mi 6. Berkat pinjaman dari seorang rekan dari Liputan6.com, kami menguji coba beberapa benchmark di smartphone Mi 6. Tak cuma itu, kami juga sempat mengabadikan beberapa foto-foto, yang diambil dengan menggunakan dual kamera setup dari Xiaomi Mi 6.

Namun perlu anda ketahui, bahwa perangkat yang kami uji ini bukanlah versi resmi dengan ROM Global, melainkan masih menggunakan ROM China, karena perangkat ini memang dibawa langsung dari negeri asalnya saat peluncuran. Tapi sebelum lebih jauh membahas mengenai kemampuan dari smartphone yang mengusung chipset Snapdragon 835 dari Qualcomm ini, mari kita ulas sedikit tentang desain dari perangkat.

Desain

Desain dari Mi 6 bisa dibilang tidak terlalu mencolok, masih mirip dengan pendahulunya yaitu Mi 5. Dimana smartphone ini kembali hadir dengan balutan kaca yang menyelimuti panel depan maupun belakang, terkecuali bagian frame dengan material metal.

sdr

Pada bagian tepinya sedikit memiliki sedikit kontur lengkung, yang tampaknya memang disesuaikan dengan ergonomi lekukan jari pengguna. Tapi perangkat ini sendiri memang terasa licin saat digenggam, apalagi karena material kaca yang diusungnya.

Mi 6 kembali hadir dengan dual kamera, lengkap dengan lampu dual tone LED Flash, yang berada di pojok kiri atas penampang bagian belakang. Varian yang kami pegang ini adalah berwarna putih, dan bisa anda lihat hanya ada putih polos tanpa ada garis ataupun komposisi apapun di bagian belakang, kecuali logo Mi yang ada dibagian bawah. Terkesan sangat simple, tapi secara estetika tampak tidak begitu menarik.

sdr

Sementara dibagian depan, terdapat layar berukuran 5,15 inci yang dilindungi denagn pelindung layar berkontur 2,5 D. Selain itu kamera depan yang berada di bagian atas dan juga sensor fingerprint dibagian bawah. Lagi-lagi tampilan yang benar-benar sederhana dari segi desain untuk Mi 6. TIdak ada kesan yang benar-benar ekslusif jika dilihat dari penampang luar smartphone ini.sisi-kiri
sisi-kanan

Hanya bagian frame bermaterial metal yang tampak memberikan jaminan bahwa perangkat ini tetap memiliki durabilitas yang baik. Pada bagian sisi kanan terdapat tombol power dan volume. Sedangkan dibagian bawah terdapat slot USB Type C, dan sangat disayangkan Mi 6 tidak dilengkapi dengan slot Jack 3,5mm untuk kebutuhan headset, padahal smartphone ini juga tidak tipis-tipis amat yaitu 7,5mm jika itu dijadikan alasan untuk menghilangkan fitur penting lubang jack. Mi 6 justru memilih mengkopi tren yang dipelopori oleh Apple pada produk iPhone 7 mereka.

bawah

Spesifikasi

Dari segi spesifikasi, pastinya menjadi alasan mengapa orang selalu melirik Xiaomi. Karena brand ini selalu menawarkan spesifikasi komponen dengan kelas yang tinggi namun harga yang paling terjangkau. Begitu pula dengan Mi 6, yang tentunya juga menawarkan spesifikasi kelas flagship yang mampu menjadi alternatif lebih terjangkau dari produk sekelas iPhone 7, Samsung Galaxy S8 maupun LG G6.

Mi 6 memiliki layar IPS 5,15 inci dengan resolusi Full HD, dipacu dengan SoC Snapdragon 835 2,45 GHz (Octa-Core Kryo280 + GPU Adreno 540), RAM 6GB serta internal storage 64 GB.

Untuk fitur kamera, perangkat ini dibekali dengan sensor Sony ExmorRS IMX386 12MP+ 12MP dengan spesifiakasi sensor utama yaitu ukuran sensor 1/2.9-inchi, lensa 27mm, ukuran pixel 1.25 µm dan aperture f/1.8, serta dukungan OIS 4-axis. Sementara pada sensor kedua yang memiliki fungsi tele, memiliki ukuran lensa 52mm, ukuran pixel 1.0 µm, serta bukaan f/2.6. Pada di bagian depan terdapat sensor berukuran 8MP untuk kamera depan.

dual-kamera

Mi 6 mendukung pengisian cepat dari Qualcomm yaitu Quick Charge 3.0, dimana baterai yang terpasang memiliki kapasitas sebesar 3.350 mAh. Kemampuan lainnya juga dari kelengkapan sensor yang tersedia termasuk Accelerometer, gyro, proximity, compass, dan barometer. Mi 6 memiliki konektivitas USB Type C dan juga konektivitas lain seperti NFC, Wi-Fi dan tentu saja Bluetooth.

Mi 6 dilengkapi dengan dual slot SIM card, yang telah mendukung jaringan 4GLTE. Hanya saja perangkat ini tidak memiliki dukungan slot MicroSD card untuk keperluan ekpansi memori tambahan. Selain itu meskipun tidak dilengkapi dengan slot jack 3,5mm untuk kebutuhan earphone, namun perangkat ini sudah dilengkapi dengan speaker stereo untuk kebutuhan multimedia.

Sayangnya kami tidak sempat melihat isi box penjualan dari Mi 6 karena kami hanya memegang produk dalam waktu beberapa jam saja, dan hanya unit handset saja yang kami uji. Lagipula, perangkat yang kami review singkat ini juga belum versi resmi yang akan diluncurkan di Indonesia .

Load Comments

Reviews

March 18, 2024 - 0

Review Tecno Spark 20 Pro+: Tipis, Ringan, AMOLED 120 Hz, dan tetap Kencang

Yang satu ini mungkin akan jadi smartphone dengan desain paling…
March 14, 2024 - 0

Review HUAWEI MatePad 11.5 PaperMatte Edition: Tablet HUAWEI Layar Unik dan Aksesoris Lengkap

Huawei Matepad 11.5 PaperMatte Edition, ini adalah varian dari Matepad…
March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…
June 7, 2022 - 0

Review Huawei Watch Fit 2: Smartwatch Segudang Fitur, Baterai Super Awet!

Cari smartwatch terkini yang canggih, fitur berlimpah, tapi maunya bisa…
October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…