in: Reviews | June 16, 2017 | by: Friska

Hands-On Smartphone Android: Sharp M1

Harus diakui bahwa smartphone dengan merk “Sharp” mungkin sudah lama tak terdengar di Tanah Air. Tapi di awal Juni 2017 ini, Sharp kembali lagi di pasar smartphone Indonesia dengan memboyong Sharp M1 dan Sharp Z2 sekaligus. Selain untuk memperkenalkan kembali merk Sharp di Indonesia, kedua smartphone ini juga sekaligus akan meramaikan pasar smartphone kelas menengah yang memiliki layar 5,5 inch.

Salah satunya, Sharp M1, telah hadir di meja pengujian Jagat Gadget untuk kami uji coba secara singkat seperti apa penampilan, spesifikasi serta kebolehan yang ditawarkan dari smartphone kelas menengah tersebut.

Desain dan Spesifikasi

sharp m1 (12) sharp m1 (11)

Secara desain, smartphone ini sendiri sebenarnya mungkin tak berbeda jauh dengan desain smartphone kelas menengah saat ini. Sharp M1 ini berdesain ramping dan berbezel pinggir yang tipis untuk body-to-ratio layar yang cukup besar yaitu 69,8%. Namun sayangnya, pada bagian dalam layar sendiri masih terlihat adanya “bingkai” hitam di kiri dan kanan layar, sehingga layar utamanya sendiri sesungguhnya tidak sebesar yang telah diklaim sebelumnya. Untuk bagian bodi belakang memiliki lengkung di empat sudutnya, dengan material utama berbahan plastik glossy yang dibingkai dengan material metal aluminium untuk kesan yang lebih lux.

agak disayangkan, masih terdapat "bingkai" hitam di sisi kiri dan kanan layar yang membuat body to ratio yang dimiliki tidak cukup besar dan maksimal
agak disayangkan, masih terdapat “bingkai” hitam di sisi kiri dan kanan layar yang membuat body to ratio yang dimiliki tidak cukup besar dan maksimal
sharp m1 (16)
posisi tombol volume
sharp m1 (18)
tombol power dan slot SIM/microSD card
sharp m1 (17)
posisi port jack audio 3.5mm
sharp m1 (1)
posisi port microUSB dan speaker utama
sharp m1 (3)
pin untuk membuka slot microSD/SIM card
sharp m1 (5)
kelengkapan paket berupa kabel USB, adapter dan earphones
sharp m1 (4)
petunjuk pemakaian berbahasa Indonesia

cpuz

Dari segi spesifikasi utama, Sharp M1 memiliki besar layar 5,5 inch dengan resolusi 1080 x 1920 Full HD berjenis LCD IPS yang memiliki kedalaman 16 juta warna. Sebagai tambahan, layar utama dari smartphone ini telah dilapisi dengan 3D curved Corning Gorilla Glass untuk daya tahan terhadap benturan maupun goresan ringan.

Daya tarik dari Sharp M1 ini sendiri ada di segi kameranya. M1 hadir dengan kamera utama dan kamera selfie 13 MP wide angle, dengan sudut pandang 80° untuk kamera utama dan 77° untuk kamera selfie. Kamera di Sharp M1 ini juga disebut bisa menangkap foto dengan baik di lingkungan gelap berkat hadirnya back illuminated sensor.

sharp m1 (9)
letak kamera belakang dan LED flash
sharp m1 (8)
posisi kamera depan

M1 ini dibekali SoC Mediatek MT6753 sebagai dapur pacunya, dengan dilengkapi RAM 3 GB dan storage internal 64 GB. MT6753 sendiri mengusung CPU octa-core, dengan 8x Cortex A53 1.3 GHz, dan GPU Mali-T720 MP3. Smartphone M1 ini dilengkapi baterai 2600 mAh, serta dukungan untuk WiFi dengan standar 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, serta dual-SIM – dual standby. Namun sayangnya, smartphone ini tidak dilengkapi dengan sensor Fingerprint.

Daftar Isi
Pages: 1 2
: , ,

COMMENTS