in: News | June 13, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Qualcomm Gandeng TSMC untuk SoC 7 nm?

Saat menghadirkan SoC 10 nm pertama mereka, Snapdragon 835, Qualcomm menggandeng Samsung, salah satu pesaing mereka di dunia chip untuk smartphone, sebagai rekanan produksi SoC. Namun, kerja sama dua raksasa itu bisa jadi tidak berlanjut di era berikutnya. Qualcomm bisa jadi beralih ke TSMC, raksasa produksi chip dunia yang lain, untuk SoC 7 nm mereka.

Snapdragon

Beralih ke TSMC Setelah 3 Generasi Bersama Samsung?

Selain Snapdragon 835 dengan fabrikasi 10 nm, Qualcomm sebelumnya juga bekerja sama dengan Samsung di Snapdragon 820 dan Snapdragon 821. Namun, mereka tampaknya akan beralih ke TSMC untuk SoC premium generasi berikutnya, dengan fabrikasi 7 nm. Qualcomm bahkan disebut telah mengembangkan SoC Snapdragon baru yang disesuaikan dengan fabrikasi 7 nm dari TSMC.

TSMC Lebih Siap?

Qualcomm bisa jadi memilih TSMC karena perusahaan asal Taiwan tersebut dinilai lebih siap di fabrikasi 7 nm dibandingkan Samsung. Memang, TSMC sudah mulai mendorong pengembangan fabrikasi 7 nm lebih awal dari Samsung. Selain itu, dengan beralih ke TSMC, Qualcomm bisa mengurangi ketergantungan terhadap salah satu pesaing terbesar mereka, mengingat Samsung sendiri juga punya lini SoC Exynos yang menjadi pesaing SoC Snapdragon di beberapa segmen. Sayangnya, belum ada konfirmasi dari pihak manapun terkait kebenaran dari kabar ini.

Produksi SoC 7 nm sendiri memang tidak akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Kemungkinan besar, SoC 7 nm baru akan tersedia di akhir tahun 2018 mendatang, atau bahkan tahun 2019. Saat ini, produsen chip tampaknya masih berkonsentrasi mendorong produksi chip 10 nm mereka, sembari beralih ke fabrikasi 10 nm yang lebih baik, yang akan digunakan di chip yang hadir di paruh kedua tahun 2017 ini.

: , ,

COMMENTS