in: News | June 29, 2017 | by: Irham

VIVO Bakal Jadi Yang Pertama Gunakan Fingerprint di Bawah Layar

Di ajang MWC Shanghai 2017, VIVO memamerkan teknologi terbaru yang belum pernah ditampilkan sebelumnya di produk smartphone manapun. Teknologi tersebut adalah fingerprint yang ditempatkan di dalam layar. VIVO memamerkan teknologi tersebut secara prototipe dengan menggunakan produk VIVO X6Play.

prototipe
Pic: Engadget

Ini tentunya sangat menarik, karena sebenarnya konsep telah lama muncul. Namun brand asal tiongkok ini menjadi yang pertama untuk mengimplementasikan teknologi tersebut. Lalu bagaimana sebenarnya teknologi tersebut bekerja?

Ultrasonic Sensor Fingerprint, Teknologi Dari Qualcomm 

Dua brand ternama yaitu Samsung dan Apple sempat digadang-gadang akan menjadi yang pertama mengadopsi teknologi yang satu ini. Tapi kenyataannya, prediksi tersebut berhasil dibantah oleh VIVO karena secara langsung telah menghadirkan prototipe smartphone dengan teknologi fingerprint scanner di dalam layar tersebut.

vivo_underdisplay

Teknologi ini mengandalkan sensor fingerprint yang menggunakan gelombang ultrasonic dalam membaca biometric dari sidik jari pengguna. Lagi-lagi, Qualcomm menjadi penggagas teknologi pintar yang satu ini. Sensor ultrasonic yang terpasang dibawah layar, mampu memancarkan gelombang yang dapat menembus panel layar hingga setebal 1,2mm untuk melakukan pemindaian.

Seperti yang telah banyak dijelaskan sebelumnya, teknologi fingerprint dibawah layar diklaim memiliki banyak keunggulan dibandingkan fingerprint yang telah banyak digunakan saat ini. Dengan akurasi yang diekspektasikan akan tetap baik, fingerprint di bawah layar juga akan lebih aman dari berbagai kondisi. Karena letaknya yang tidak berada di bagian permukaan smartphone, sehingga akan lebih aman dari kotoran debu atau percikan air yang biasanya  akan mengganggu proses pemindaian.

vivo-on-screen-fingerprint

Selain itu dengan posisi di bawah layar, pengembang smartphone juga bisa membuat desain produk lebih baik lagi. Karena tidak perlu lagi memikiirkan estetika dan ergonomi yang sesuai dengan genggaman pengguna.

Bahkan desain smartphone layar penuh tanpa bezel juga bisa dibuat, seperti yang dipamerkan oleh VIVO pada cuplikan video berikut ini. Dalam video ini, VIVO menampilkan prototype produk yang akan datang membawa teknologi fingerprint di bawah layar serta desain smartphone yang bezelless.

: , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | May 10, 2017 | Comments

Nubia Umumkan Tanggal Preorder dan Komunitasnya

News | July 8, 2017 | Comments

RED Akan Buat Smartphone dengan Layar Hologram

News | April 29, 2017 | Comments

Foxconn: Apple Tidak Pesan iPhone 8!

News | May 6, 2017 | Comments

Kreator Power VR Akan Tuntut Apple