in: News | July 11, 2017 | by: Irham

AliBaba Siapkan Smart Speaker TMall Genie

Tmall-Genie

Smart Speaker sepertinya akan menjadi tren baru di dunia gadget. Setelah Amazon meluncurkan Alexa, Apple pun juga sudah punya HomePod. Tak lama berselang, tersiar kabar kalau Samsung juga tengah menggarap smart speaker.

Smart Speaker menawarkan kecanggihan audio sistem yang dilengkapi dengan asistant suara. Tak hanya bisa digunakan untuk mendengarkan musik, dengan smart speaker pengguna juga bisa mengontrol perangkat pintar lain di rumah yang terintegerasi seperti AC, televisi, lampu dan lain sebagainya.

Tak mau kalah dengan brand-brand yang sudah kami sebutkan diatas, kini giliran raksasa retail asal China yang dikabarkan tengah menggarap Smart Speaker. Adalah Alibaba yang kini sedang menyiapkan smart speaker, bernama TMall Genie.

alibaba_tmall_large

Sama seperti speaker pintar lain, produk yang tengah disiapkan oleh Alibaba ini juga memiliki kemampuan untuk mengontrol perangkat home automation lain yang terintegerasi. Perangkat ini juga memiliki asisten suara serta kecerdasan buatan, yang dapat mendengar dan memproses perintah dari pemiliknya. Hanya saja, untuk tahap awal perangkat ini hanya akan tersedia dengan bahasa lokal yaitu bahasa mandarin.

Fungsi lain yang dimiliki oleh TMall Genie yaitu memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi di situs jual beli online Alibaba. Untuk verifikasinya akan menggunakan voice print dan transaksi dilakukan menggunakan Ali Pay.

Produk ini rencananya akan diluncurkan oleh Alibaba di tanggal 17 Juli mendatang. Perangkat ini akan dibanderol dengan harga 499 Yuan atau sekitar 73 USD.

Selain Alibaba, beberapa perusahaan Tiongkok lainnya yaitu JD.id dan Baidu kabarnya juga sedang menyiapkan smart speaker. Para perusahaan retail ini tampaknya cukup terinspirasi dengan Amazon yang meluncurkan Echo Speaker, untuk mendorong orang-orang masuk ke ekosistem retail dengan menggunaka smart speaker sebagai pengalaman belanja yang baru.

: , ,

COMMENTS