in: News | July 27, 2017 | by: Irham

MIUI 9 Resmi Meluncur, Ini Dia Peningkatannya

MIUI-9

OS baru Xiaomi yaitu MIUI 9, akhirnya secara resmi diluncurkan. Sesuai janji, MIUI 9 diluncurkan bersamaan dengan produk baru Xiaomi yaitu Mi 5X. Menjawab demand dari para penggemarnya akhirnya MIUI 9 hadir dengan basis Android terbaru yaitu Nougat.

Adapun MIUI 9 telah dikembangkan sejak setahun terakhir dan membawa beberapa peningkatan. Peningkatan tersebut hadir di berbagai aspek mulai dari optimasi sistem, user experience dan juga beberapa desain visual.

Optimasi Sistem

sistem

MIUI milik Xiaomi sampai saat ini memang tidak pernah dikenal sebagai UI yang punya performa baiik. Banyak keluhan yang menyebutkan kalau MIUI membuat performa smartphone lebih lambat terutama saat membuka dan menutup aplikasi, hingga sebagian orang seringnya mengubah ROM mereka dengan OS kustom lainnya seperti misalnya Cyanogen dan sebagainya.

Di MIUI 9, Xiaomi mengklaim memberikan kecepatan untuk app launch   dengan menambahkan Dynamic Resource Allocation. Dengan sistem tersebut, CPU akan memberikan prioritas kerja pada beberapa aplikasi yang paling sering dibuka pengguna. Sehingga aplikasi akan lebih cepat diakses saat dibutuhkan oleh pengguna. Optimasi sistem lainnya yaitu Haptic Feedback yang secara otomotis akan membersihkan proses berjalan yang tidak dibutuhkan,  hingga perangkat dapat berjalan lebih optimal.

Smart Assistant

smart assistant

Smart Assistant menjadi fitur baru yang menambah pengalaman baru bagi pengguna. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan pencarian media dan file apapun yang berada di perangkat anda. Smart Asisstant di MIUI 9 juga berjalan menggunakan kecerdasan buatan, yang dapat membantu anda mengatur berapa informasi pada perangkat anda mulai dari catatan, calendar, reminder dan lain sebagainya. Tapi apakah kecanggihan Smart Asisstant di MIUI 9 akan sama dengan kecanggihan Google Assitant milik Google atau Siri milik Apple?

Smart App Launcher

smart launcher app

Smart App Launcher menggunakan algoritma yang akan secara otomatis memberikan saran aplikasi yang ingin anda buka sesuai dengan kebiasaan anda. Misalnya saat anda memiliki jadwal untuk pergi ke suatu tempat, maka Smart App Launcher akan memberikan aplikasi seperti Maps atau aplikasi transportasi.

Multitasking dengan Split Screen

Split Screen mungkin bukanlah hal yang baru dan sudah kita lihat sejak lama. Tapi di MIUI 9 ini adalah hal yang baru. Meski demikian, setidaknya ini telah menambah fitur yang dibutuhkan oleh pengguna MIUI tanpa harus mengkustomasi ROM seperti biasa.

MIUI 9 akan akan hadir di berbagai perangkat Xiaomi secara bertahap, mulai dari Mi 5S Plus, Mi 5C, Mi 5S, Mi 4S, Mi 4, Mi 4C, Mi 3, Mi 2, Mi 2S, Mi Mix, Mi Max 2, Mi Max, Mi Note 2, Mi Note, Mi Pad 2 dan Mi Pad. Sementara pada seri Redmi , MIUI 9 akan tersedia untuk Redmi Pro, Redmi Note 4X, Redmi Note 4, Redmi Note 2, Redmi Note, Redmi 4X, Redmi 4A, Redmi 4, Redmi 3S, Redmi 3S Plus, Redmi 3X, Redmi 3, Redmi 2A, Redmi 2, Redmi 1S

: ,

COMMENTS