in: Reviews | July 29, 2017 | by: Irham

Review Redmi 4X: Spek Tinggi Harga Tetap Murah

Budget kecil tapi ingin smartphone dengan spek yang paling tinggi? Mungkin rekan-rekan anda akan banyak menyarankan produk Xiaomi.

Setelah dua produk Redmi yang kami review sebelumnya yaitu Redmi 4A dan Redmi Note 4, kini  kami kedatangan Redmi 4X. Redmi 4X bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin smartphone Xiaomi dengan budget terjangkau, dengan spek lebih tinggi dari Redmi 4A, tapi untuk ukurannya lebih kecil dari Redmi Note 4. Smartphone ini memang pas untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Berada satu tingkatan di atas Redmi 4A yang lebih dulu hadir di tanah air, Redmi 4X tentunya juga menawarkan beberapa hal yang juga lebih tinggi dibanding dengan Redmi 4A. Baik secara desain maupun spesifikasi yang dihadirkan oleh Xiaomi, Redmi 4X memang lebih unggul.

Desain

Secara desain, perangkat ini lebih unggul namun bukan dari segi tampilan yang lebih menarik, melainkan material yang digunakan untuk body perangkat yang memang lebih berkelas. Dibandingkan dengan Redmi 4A yang masih menggunakan material polycarbonate dengan finishing warna metal, Redmi 4X membawa material metal unibody yang cukup kokoh.

2-Redmi-4X

1-Redmi-4X

Kebetulan untuk produk review yang kami terima juga sama-sama berwarna Gold. Tapi sebenarnya dari segi desain terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara Redmi 4A dan Redmi  4X . Mulai dari bentuk body yang terlihat lebih melengkung di bagian sudut, dibandingkan Redmi 4A yang lebih terkesan kotak.

7-Redmi-4X

8-Redmi-4X

Screen to body ratio yang dimilikinya tampaknya pun sedikit lebih tinggi, dimana bezel layar terlihat sedikit lebih tipis. Terutama untuk bezel pada sisi kanan dan kiri. Redmi 4X juga sedikit lebih tebal dibandingkan dengan Redmi 4A, dimana Redmi 4X memiliki ketebalan lebih tinggi yaitu 8,7mm dan bobot yang juga lebih berat yaitu 150g. Kemungkinan besar ini dikarenakan kapasitas baterainya yang juga lebih besar.

Kombinasi antara bobot perangkat dengan ukuran dalam genggaman, membuat Redmi 4A juga memiliki ergonomi yang lebih baik. Hanya saja, perangkat ini terasa sedikit lebih licin dengan tekstur metalnya. Oh iya satu lagi, Redmi 4X telah dibekali dengan sensor fingerprint yang berada dibagian belakang.

3-Redmi-4X

5-Redmi-4X

Selebihnya, banyak kemiripan antara Redmi 4X dan Redmi 4A. Tombol volume dan power di sisi sebelah kanan, slot micro USB dan grill speaker dibagian bawah, serta tray SIM Card berada di sisi sebelah kiri. Sedangkan di bagian atas, terdapat slot Jack 3,5 mm dan juga sensor IR remote. Satu keunggulan yang selalu ada di semua produk Xiaomi, baik di kelas entry level maupun kelas flagshipnya.

4-Redmi-4X

6-Redmi-4X

Spesifikasi

Lagi-lagi Redmi 4X menjadi smartphone termurah dengan spesifikasi dapur pacu paling tinggi dikelasnya. Perangkat ini dibekali dengan SoC Snapdragon 435 (Octa-core Cortex A53 1,4GHz + GPU Adreno 505), RAM 3GB serta internal storage sebesar 32 GB. Untuk layar, masih sama dengan Redmi 4A, Redmi 4X dibekali dengan panel IPS beresolusi 720p. Resolusi tampaknya memang masih cukup optimal untuk smartphone dengan layar dengan ukuran 5 inci, seperti pada Redmi 4X ini.

Untuk kamera, Redmi 4X memiliki sensor pada kamera utama beresolusi  13 MP dengan aperture F/2,0, PDAF, serta lampu LED Flash. Sedangkan kamera depan, smartphone ini dibekali dengan kamera beresolusi 5 MP, aperture F/2,2. Kamera Redmi 4X, baik belakang maupun depan mampu merekam video dengan resolusi maksimal 1080p.

9-Redmi-4X

10-Redmi-4X

Untuk konektivitas, perangkat ini memiliki dukungan Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, serta MicroUSB 2.0.  Selain itu terdapat sensor IR remote, yang berfungsi untuk mengontrol perangkat-perangkat elektronik, seperti TV, AC dan lain-lain. Ini menjadi salah satu nilai plus bagi Xiaomi, karena fitur seperti ini cukup jarang di temui pada produk brand lain, meski kelas flagship sekalipun. Untuk menggunakan fungsi ini anda bisa mengaksesnya menggunakan aplikasi Mi Remote.

Sensor yang dimiliki oleh Redmi 4X cukup lengkap mulai dari Ambience light, Proximity, Acceleration, Compass,  dan Gyroscope. Untuk kapasitas baterai yang tersedia adalah sebesar 4100mAh. Ini cukup besar, mengingat layar yang digunakan adalah 5 inci dengan resolusi HD. Lalu bagaimana kemampuan baterai di Redmi 4X? Apakah pengisian akan memakan waktu lama, mengingat kapasitas yang besar tidak diimbangi dengan adaptor fast charging yang tersedia? Semua akan kami bahas di halaman berikutnya.

CPU-Z

Redmi 4X memiliki slot SIM Card dengan tray berada di sisi sebelah kiri. Adapun tipe SIM Card yang bisa digunakan pada perangkat ini adalah tipe Micro. Terdapat dua slot yang tersedia, dengan slot SIM Card 2 terpasang secara hybrid dengan slot MicroSD. Pengguna bisa memilih untuk mengaktifkan SIM card 2, atau slot memori tambahan. Tetapi mengingat kapasitas memori yang tersedia pun cukup besar, sepertinya pengguna tidak perlu menambahkan memori kecuali benar-benar dibutuhkan. Perlu anda ketahui, menggunakan memori external biasanya akan mengurangi performa dari smartphone.

11-Redmi-4X

Redmi 4X berjalan menggunakan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan UI andalan mereka yaitu MIUI 8. Amat di sayangkan, Xiaomi masih terlambat menghadirkan firmware dengan OS Android versi terbaru, mengingat saat ini Google pun sudah bersiap meluncurkan Android 8.0.

Di dalam paket penjualannya, Redmi 4X pun juga dibekali dengan kelengkapan yang ‘tidak lengkap’ seperti produk Xiaomi lainnya. Yaitu hanya tersedia adaptor charger dan kabel USB serta buku panduan. Mungkin ini memang sudah menjadi cara tersendiri bagi Xiaomi untuk menghadirkan produk dengan budget seminim mungkin.

12-Redmi-4X

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | September 9, 2017 | Comments

Hands-On & Unboxing Xiaomi Mi A1

News | July 26, 2017 | Comments

Galaxy Note 8 Bakal Hadir dengan ‘Asuransi’ Layar

News | August 9, 2017 | Comments

Meizu X2 Hadir Dengan 2nd Screen Bulat

News | August 30, 2017 | Comments

Samsung: Galaxy Note 8 Akan Lebih Sukses dari Galaxy Note 5