in: News | July 29, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Samsung Jadi Produsen Chip Terbesar Dunia

Setelah 24 tahun menjadi produsen chip terbesar dunia, rekor Intel akhirnya terhenti tahun 2017 ini. Berdasarkan laporan yang beredar, Samsung kini mengambil alih gelar produsen chip terbesar dunia. Pemasukan dan keuntungan operasional Samsung disebut melampaui Intel di kuartal kedua tahun 2017, dan membawa perusahaan Korea Selatan itu ke puncak produsen chip dunia.

Samsung Fab

Terbantu Tren Global

Salah satu hal yang disebut membantu Samsung merebut posisi teratas dari Intel adalah tren global yang berubah. Samsung lebih banyak bergerak di segmen perangkat mobile dan IoT, sementara Intel masih ada di sektor komputer. Perkembangan segmen perangkat mobile dan IoT memang makin pesat belakangan ini dan bisa mendorong pemasukan dan keuntungan Samsung dari bidang produksi chip.

Selain itu, Samsung sendiri juga terbantu oleh meningkat pesatnya kebutuhan akan flash memory, baik DRAM maupun NAND. Permintaan yang terus tinggi untuk kedua jenis chip itu, membantu Samsung melejit di antara produsen chip dunia. Tidak ketinggalan, Samsung juga memproduksi chip komunikasi perangkat wearable yang permintaannya belakangan disebut juga meningkat.

Intel Tidak Turun

Menariknya, Intel sendiri ternyata tidak mengalami penurunan di kuartal kedua tahun 2017 ini. Intel bahkan disebut berhasil mencatatkan rekor pemasukan baru sepanjang kuartal tersebut. Jadi, Samsung murni berhasil merebut posisi puncak dari Intel karena peningkatan yang mereka catatkan, bukan penurunan dari pesaing mereka itu. Namun, sejauh ini, segmen kedua perusahaan itu memang agak berbeda, sehingga pergerakan tren global bisa jadi akan sangat mempengaruhi prestasi keduanya di pasar chip dunia.

: ,

COMMENTS