in: Reviews | August 26, 2017 | by: Friska

Review Smartphone Android: Zenfone AR

Kesimpulan

Asus Zenfone AR tidak memiliki desain yang sangat cantik dan tipis seperti layaknya Zenfone 3. Bahkan, penggunanya akan menemukan bahwa desain yang dimiliki perangkat ini akan terasa lebih gendut karena bodi belakangnya yang lebih melengkung tersebut. Tapi secara keseluruhan, desain dari Zenfone AR ini sendiri masih cukup ergonomis dan didesain sedemikian rupa untuk bisa menjadi sebuah smartphone flagship pendukung Tango dan Daydream. Bodi belakangnya sendiri terlihat cukup menarik dengan memiliki desain pola kulit yang tidak licin ketika digenggam serta memberikan kesan mewah tersendiri.

zenfone ar (3)

Perangkat ini secara sekilas telah mampu menjawab segala kebutuhan yang bisa ditemukan di dalam sebuah smartphone. Secara performa, perangkat ini tergolong cukup tinggi mengingat SoC dan hardware lainnya yang mendukung untuk bisa mencapai skor tinggi di beberapa benchmark. Pengguna takkan menemukan masalah lambat maupun kapasitas internal cepat habis mengingat tingginya internal storage yang bisa dihadirkan pada Zenfone AR, belum termasuk tambahan microSD card lagi jika penggunanya membutuhkannya. Dengan hardware dan spesifikasi tinggi, sekaligus layar Super AMOLED yang beresolusi tinggi, Zenfone AR ini memang didesain khusus untuk bisa menjalankan platform AR dan VR tanpa masalah. Namun memang perlu diingat juga bahwa platform AR dan VR, walau tengah naik daun sekali dalam beberapa waktu belakangan ini, masih belum terlalu terlihat optimalisasi dan manfaatnya terutama untuk para konsumer di Indonesia, namun demikian hal ini masih bisa berubah dalam beberapa waktu ke depan jika teknologi AR dan VR semakin cepat berkembang.

zenfone ar (14)

Dari segi kamera utama, Asus Zenfone AR memiliki hasil dan kualitas foto yang tergolong sangat baik, dengan shutter speed dan autofocus yang juga tak kalah cepatnya untuk bisa mengambil gambar dan fokus mana yang hendak diinginkan. Untuk memaksimalkan kinerjanya, Asus telah membenamkan fitur dan beragam mode yang bisa dipilih dalam beragam situasi. Kamera utama ini juga bisa menangkap video kualitas 4K dan memiliki fitur untuk meminimalisasi terjadinya goyangan saat merekam. Namun memang sayangnya, jika foto yang ditangkap merupakan hasil zoom, akan terlihat tidak terlalu natural karena tingkatan noise diatasi dengan cara diblur, sehingga akan terlihat lebih kaku daripada foto aslinya. Foto hasil kamera selfie sendiri juga tidak terlalu istimewa, walau hasil fotonya lebih dari cukup untuk bisa diunggah ke media sosial. Selain itu, dukungan untuk bisa menyimpan file foto ukuran RAW ini juga bisa berdampak semakin cepat habisnya kapasitas storage yang dibutuhkan untuk menyimpan seluruh foto RAW tersebut, walau bisa diatasi dengan memberikan tambahan microSD card berukuran besar.

Sebagai sebuah smartphone yang didesain untuk bisa optimal dalam penggunaan Tango dan Daydream, Asus Zenfone AR ini memang sangat menarik untuk dilirik. Namun masih kembali ke pada permasalahan utama, apakah penggunaan Tango dan Daydream ini sendiri sudah cukup maksimal terutama untuk digunakan di sebagian besar masyarakat di Indonesia? Dan jikapun hadir resmi di pasaran Indonesia, smartphone ini sendiri bisa dipastikan akan memiliki harga yang cukup tinggi juga mengingat hardware dan fitur yang dimilikinya. Tapi jika penggunanya adalah mereka yang sangat antusias akan penggunaan platform Google Tango dan Daydream, Asus Zenfone AR ini tentunya akan menjadi smartphone yang tepat untuk dipilih.

zenfone ar (1)

Kelebihan:

+ konektivitas lengkap (4G LTE, NFC, dll.)
+ kamera utama dukung file RAW
+ dukungan Google Tango dan Daydream
+ paket penjualan lengkap dengan Google Cardboard
+ Android 7.0 Nougat
+ Quick Charge 3.0

Kekurangan:

– desain produk biasa saja
– kamera selfie standar
– daya tahan baterai standar
– slot SIM/microSD card masih hybrid

Key Spec:

Produk ASUS Zenfone AR
Layar 5.7″ Super AMOLED QHD (1440 x 2560 pixel)
SoC/Processor Snapdragon 821
GPU Adreno 530
Memory/Storage 8 GB/128 GB
Baterai 3300 mAh
Konektivitas Dual-SIM, 2G/3G/4G, FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, UMTS, 802.11a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, Wi-Fi direct, NFC
Kamera Kamera belakang: 23 MP PixelMaster 3.0 camera, f/2.0 aperture, SONY IMX 318 sensor
Kamera selfie: 8 MP OV 8856 sensor
Sistem Operasi Android 7.0 with ASUS ZenUI 3.0
Harga TBA
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS