in: News | September 26, 2017 | by: Irham

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus Terbukti Paling Kencang!

Apple membawa peningkatan yang cukup mencengangkan dari produk terbarunya yaitu iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Kedua smartphone ini mengusung chipset terbaru garapan Apple yaitu A11 Bionic, yang disebut-sebut sebagai chipset dengan performa tertinggi. Klaim tersebut bukan cuma isapan jempol, telah dibuktikan dari Tom’s Guide yang menguji kemampuan dari iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dalam pengujian beberapa benchmark.

iPhone 8

Pengujian pertama menggunakan aplikasi benchmark Geekbench 4, yang memperlihatkan skor multicore dari iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. iPhone 8 dan iPhone 8 Plus berhasil menyentuh angka hingga 10ribu, tepatnya 10472 untuk skor iPhone 8 Plus dan 10170 untuk skor iPhone 8. Padahal dibandingkan dengan smartphone lain yang menggunakan Snapdragon 835, yang tertinggi baru menyentuh angka 6564 yaitu Samsung Galaxy Note 8. Angka tersebut juga lebih tinggi dibandingkan dengan Macbook Pro 13 inci core i5.

geekbench 4

Tak cuma performa CPU, di segi grafis, iPhone 8 Plus dan iPhone 8 juga memiliki angka tertinggi. Pengujian menggunakan 3DMark mencapai angka hingga 64412 untuk iPhone 8 Plus sedangkan iPhone 8 mencapai 62532. Sedangkan Galaxy Note 8 yang menggunakan Snapdragon 835 baru menyentuh angka 39834.3Dmark

A11 Bionic menggunakan CPU hexa-core dimana dua inti prosesor digunakan untuk performa tinggi sementara empat inti lain digunakan untuk efisiensi daya, yang diklaim bisa mencapai 70% lebih baik dari generasi sebelumnya yaitu iPhone A10 Fusion Chip. Sedangkan kemampuan GPUnya meningkat 30 persen lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Tom’s Guide juga membandingkan kecepatan smartphone saat digunakan untuk mengedit video beresolusi 4K berdurasi 2 menit menggunakan drone, kemudian melakukan rendering video yang mana telah ditambahkan video effect dan juga dimana iPhone 8 mampu menyelesaikannya dalam waktu 42 detik. Sedangkan Galaxy Note 8 dan Galaxy S8+ dapat menyelesaikannya selama sekitar 4 menit.

video editing

Ini tentu peningkatan yang sangat signifikan yang diberikan oleh Apple untuk produk terbaru mereka. Meskipun, hal yang sama belum tentu dapat didapatkan jika chipset tersebut digunakan pada platform OS lain. Kecanggihan Apple yang dari dulu kita kenal adalah mampu mengoptimalisasi sotware hingga dapat menghasilkann performa yang tinggi.

: , ,

COMMENTS