in: Featured - Reviews | September 7, 2017 | by: Irham

Review ASUS Zenfone 4 Max Pro: Baterai Besar Lagi, Tambah Dual Kamera

Kamera

Kamera Utama

Kamera Zenfone 4 Pro dibekali dengan dua buah sensor, yang masing masing memiliki resolusi 16 MP – f/2.0, Dengan kombinasi sensor regular dan sensor wide. Untuk hasil kamera normal, dapat dikatakan kualitasnya masih jauh dari ekspektasi kami. Bahkan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kamera pada Zenfone 4 Pro kualitasnya masih berada lebih dibawah.

Software kamera pada Zenfone 4 Pro nampaknya masih belum dioptimasi dengan baik. Pengambilan gambar terasa lambat sehingga pengguna harus mengendalikan smartphone dengan lebih steady saat ingin mengambil gambar. Kondisi kontras cahaya juga masih kurang stabil saat anda ingin memfokuskan pada titik gelap dan highlights. Saat anda meletakan fokus pada daerah terang, maka gambar akan menjadi terlalu gelap. Sebaliknya jika anda meletakan fokus pada daerah gelap, maka gambar akan menjadi overexposure. Berikut ini beberapa gambar yang berhasil kami abadikan menggunakan kamera normal Zenfone 4 Max Pro.

Untuk kamera wide yang memiliki  sudut 120 derajat, meski hanya menggunakan kamera 5 MP, tapi untuk setup pencahayaan justru bisa dibilang masih lebih baik dari pada kamera normal. Kontras cahaya tidak terlihat berlebih sehingga gambar yang ditampilkan terlihat lebih seimbang. Hanya saja resolusinya memang lebih kecil. Beberapa foto yang diabadikan menggunakan lensa Wide seperti di bawah ini.

P_20170829_232646
Lensa Wide
P_20170829_232651
Lensa Normal
P_20170829_190847
Lensa Wide
8
Lensa Normal

Kamera Depan

Kamera depan ASUS Zenfone 4 Max Pro juga memiliki kamera dengan resolusi 16MP. selfienya. Meski kualitas foto yang dihasilkan tergolong cukup maksimal untuk bisa bersaing dengan smartphone selfie terkini, namun pengambilan gambar terasa lambat, dengan delay shutter yang terasa panjang. Sehingga pengguna perlu sedikit lebih lama memegang smartphone saat melakukan selfie. Lagi-lagi asumsi kami ini masih kekurangan pada optimalisasi software, karena kualitas foto yang dihasilkan apabila pengguna sedikit ‘bersabar’  bisa menghasilkan kualitas yang baik.

Baterai

Kapasitas baterai ASUS Zenfone 4 Max Pro kali ini memang mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya. Dengan baterai berkapastias 5000mAh, tentunya diharapkan smartphone ini akan kembali membawa kinerja baterai yang memukau. Kapasitas yang sama dengan generasi pertama, seperti apa hasilnya?

Ternyata smartphone ini mampu bertahan selama 16 Jam 4 menit pada pengujian menggunakan aplikasi PCMark. Angka tersebut cukup sesuai dengan ekspektasi kami, karena pada generasi sebelumnya yatiu Zenfone 3 Max yang menggunakan baterai 4100mAh, memiliki skor 14 Jam 5 menit.

PCmark-baterry

PCmark battery

Sementara untuk pengujian dengan memutar video HD secara looping, smartphone ini mampu bertahan selama kurang lebih 20 Jam.

Battery-Video-Loop

Sayangnya untuk pengisian baterai, smartphone ini masih hanya menggunakan adaptor charger dengan output 5V 2A. sehingga pengisian baterai masih memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 5 Jam.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS