in: Reviews | October 28, 2017 | by: Irham

Review Advan A8: Andalkan Dual Kamera dan Sekuritas

Advan kembali meluncurkan produk terbaru mereka yaitu Advan A8. Produk yang dibanderol dengan harga resmi Rp. 2.999.000 ini mengandalkan kamera ganda dan juga sistem sekuritas sebagai senjata andalannya. Dan tim JagatGadget kali ini berkesempatan kembali mereview produk kebanggan lokal Advan A8.

Jujur saat melihat harga yang ditarget oleh Advan A8 cukup disangsikan. Dengan mengandalakan dual kamera dan sistem keamanan miliknya Advan mencoba bersaing dengan dua nama yang saat ini sedang santer dibicarakan yaitu Xiaomi MiA1 dan juga Moto G5S Plus. Apakah Advan A8 benar-benar dapat bersaing dengan dua nama tersebut, simak ulasannya berikut ini.

Desain

Advan A8 memiliki yang terbilang standar. Tidak ada yang istimewa secara desain dari Advan A8. Entah mengapa desain dari Advan A8 justru malah terlihat mengekor dari dua brand smartphone selfie yang saat ini sedang menjadi tren. Ya, sekilas Advan A8 terlihat mirip dengan Oppo F1s ataupun Vivo V5. Sepertinya brand lokal yang satu ini harus lebih berani lagi secara konsep desain, agar dapat bersaing dengan brand lain. Produk unggulan mereka sebelumnya yaitu Advan G1, pun belum memiliki desain yang terlihat orisinil.

Advan-A8-2

Terlihat dari penampang bagian depan, dengan bezel berwarna putih, dan A8 memang memiliki dimensi yang cukup ramping. Tombol home di bagian depan yang juga berfungsi sebagai fingerprint sensor, yang memiliki bentuk oval menjadikan makin mirip dengan duo smartphone selfie yang telah kami sebutkan diatas.

Advan-A8-3

Namun jika menilik kebagian belakang, Advan A8 terlihat cukup berbeda. Terlebih karena smartphone ini telah menggunakan sensor dual kamera di bagian belakang. Modul kamera terpasang secara vertikal, dengan ukuran yang tampak besar. Sayangnya modul kamera tampak sangat menonjol, sehingga saat smartphone diletakan dalam keadaan telentang di, maka akan modul kamera akan langsung menyentuh permukaan. Di antara kedua sensor tersebut, terdapat lampu LED flash dual-tone.

Advan A8 memiliki desain metal unibody, dimana pada perangkat yang kami review ini adalah varian berwarna emas. Selain sensor kamera yang tampak terlihat mencolok dibagian belakang, Advan A8 juga memiliki garis pemisah yang berada di bagian atas dan bawah. Pada penutup belakang bagian atas dan bawah terbuat dari bahan polycarbonate tentunya sebagai celah untuk sinyal selular.

Tombol power dan volume memiliki penempatan standar, yaitu berada di sisi sebelah kanan. Sementara slot SIMCard dan Mciro SD berada di sisi bagian kiri. Di sisi bagian atas terdapat slot jack 3,5 mm, sedangkan sisi bagian bawah terdapat konektor USB type C dan grill speaker. Ya, Advan A8 telah menggunakan USB Type C untuk konektivitas kabelnya.

Advan-A8-6

Advan-A8-4

Advan-A8-7

Advan-A8-5

Yang unik adalah tombol kapasitif untuk tombol back dan recent yang dapat di kustomasi. Advan A8 hanya menampilkan tombol kapasitif berupa titik kecil, dimana pengguna bisa mengatur apakah tombol recent app berada di sebelah kanan dan tombol back di sebelah kiri, atau dengan penempatan sebaliknya. Pengguna bisa mengaturnya melalui menu settings. Sayangnya tidak ada lampu backlit untuk tombol tersebut.

 

Advan-A8-8

Screenshot_2017-10-04-15-20-48

Spesifikasi

Dari segi spesifikasi, Advan A8 bisa dibilang masih memiliki spesifikasi yang belum bisa dikatakan istimewa, terutama untuk dapur pacunya. Yaitu dengan layar 5,5 inci dengan resolusi Full HD, SoC MediaTek MT6750T (Octa-Core Arm Cortex A53 1,5GHz + GPU Mali T860), RAM 4GB dan Internal Storage 32GB.

CPU-Z

Sementara dari sisi kamera terbilang cukup membuat penasaran. Dual kamera yang menjadi kamera utama dari Advan A8 yaitu menggunakan sensor Sony IMX258 beresolusi 13 MP dan Omnivision OV5675 beresolusi 5MP. Sedangkan untuk kamera depan, smartphone ini dilengkapi dengan kamera beresolusi 8 MP.

Advan-A8-10

Advan-A8-9

Dari segi konektivitas Advan A8 tentunya sudah mendukung jaringan 4G di semua provider di tanah air. Selain itu juga telah mendukung jaringan Wi-Fi di frekuensi 5GHz. Selain itu Advan A8 bisa dibilang sebagai smartphone paling terjangkau yang telah menggunakan USB Type C saat ini. Sayangnya, Advan A8 belum dibekali dengan konektivitas NFC, salah satu fitur yang makin dicari di smartphone terbaru saat ini.

Adapun sensornya juga cukup lengkap yaitu mulai dari Accelerometer, Proximity, Ambience Light, Compass, hingga Gyroscope. Selain itu juga telah dibekali fingerprint yang ada di bagian depan, dengan kecepatan respon hingga 0,3 detik.

Slot SIMCard tersedia secara Hybrid, dimana pengguna bisa menggunakan dua buah SIM Card, atau satu SIM Card di slot 1 dan MicroSD di slot kedua.

Advan-A8-13

Advan A8 dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh, dan berjalan menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.0 dengan UI buatan Advan sendiri yaitu IDOS. Adapun fitur-fitur unggulan yang ditambahkan seperti XLocker, Anti Theft, dan Privacy System.

Paket penjualan dari Advan A8 terbilang cukup lengkap. Diantaranya terdapat kartu garansi, adaptor charger, kabel USB Type C, headset, dan juga jelly case. Headset yang tersedia juga memiliki kualitas yang cukup baik, tidak seperti headset-headset standar yang ada di paket penjualan smartphone lain.

Advan-A8-12

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS