in: Reviews | October 28, 2017 | by: Irham

Review Advan A8: Andalkan Dual Kamera dan Sekuritas

Uji Perfoma

AnTuTu 6.1

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik.

AnTuTu-6.0.1

Advan A8 AnTuTu

Geekbench 3

GeekBench 3 merupakan benchmark cross platform yang mengukur kinerja prosesor sebuah perangkat smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini menggunakan skenario simulasi real world sehingga mampu menganalisa performa sebuah prosesor saat menggunakan single core atau multi core. Semakin tinggi nilainya, semakin baik.

Geekbench-3

Geekbench single core

Geekbench Multicore

 

3DMark Ice Storm Unlimited

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari sistem pada sebuah smarpthone Android dalam menangani pemrosesan grafis. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan proses grafis.

3DMark

3DMark

PCMark Work

Aplikasi benchmark ini mengukur performa dan umur baterai pada smartphone maupun tablet Android, lewat pengujian yang berbasis aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh user, bukan algoritma yang bersifat abstrak. Skor yang dihasilkan diklaim mampu mencerminkan performa sesungguhnya dari perangkat tersebut.

PCMark

PCMark

Dari hasil pengujian yang kami lakukan untuk Advan A8 terlihat bahwa secara performa Advan A8 masih belum dikatakan bisa bersaing dengan smartphone 3 jutaan yang saat ini beredar di pasaran. SoC yang digunakan adalah kelas menengah yang terbilang lawas, yang banyak digunakan oleh smartphone kelas menengah tahun kemarin.

Walau performanya cukup mengakomodir kebutuhan sehari-hari, namun untuk kebutuhan khusus seperti bermain game dengan grafis tinggi dan juga aktivitas multitasking dengan buka tutup banyak aplikasi masih kurang memadai. Dukungan RAM berkapasitas besar yaitu 4GB sebenarnya tidak akan banyak mempengaruhi performa dari smartphone, jika prosesor dan GPU pada smartphone yang digunakan juga memiliki performa yang rendah.

Dari tabel perbandingan kami diatas, jika target Advan memang ingin bersaing dengan brand smartphone selfie yang menggunakan SoC yang sama, setidaknya Advan A8 masih bisa dipertimbangkan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | September 26, 2017 | Comments

Nokia 2 Akan Diluncurkan di Bulan November

News | August 26, 2017 | Comments

BlackBerry Ingin Tawarkan Lisensi Android “Aman” Mereka

News | October 3, 2017 | Comments

OnePlus 6 Akan Dirilis Awal Tahun Depan

News | September 8, 2017 | Comments

Kemungkinan Nama iPhone 10th Anniversary Edition